Electronic Resource
Implementasi Model Pembelajaran Cooperative Learning Structures (CLS) Dengan Pendekatan Team Mates Consult Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Matenatika Siswa Kelas VII SMP Budi Mulia Pakisaji Malang 2014 2015
Dari hasil observasi awal di SMP Budi Mulia Pakisaji Malang diketahui bahwa prestasi belajar siswa rendah yaitu dilihat dari rata-rata nilai kelas 62.2. Selain itu metode yang digunakan guru dalam proses pembelajaran masih menggunakan model ceramah dan tanya jawan saja hal ini membuat siswa cenderung pasif. Oleh sebab itu, perlu penanganan yang serius dari berbagai pihak khususnya guru sebagai pelaksana pembelajaran. Salah satu usaha tersebut adalah memperbaiki kualitas peembelajaran. Diantara berbagai solusi untuk meningkatkan prestasi belajar siswa yaitu dengan mengimplementasikan model pembelajaran CLS (Cooperative Learning Structures) dengan pendekatan Teammates Consult.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian adalah Penelitian Tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus. Setiap tindakan terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan pada tanggal 30 April–26 Mei 2015. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII-C dengan jumlah siswa 32 siswa yang terdiri dari 16 siswa laki-laki dan 16 siswa perempuan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengimplementasikan dan mendeskripsikan model pembelajaran CLS (Cooperative Learning Structures) dengan pendekatan Teammates Consult yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Data yang diperoleh dalam penelitian ini diambil dari hasil tes pada akhir siklus, kemampuan guru dalam pembelajaran yang diambil dari lembar observasi, aktivitas siswa dalam pembelajaran yang diambil dari lembar observasi, dan data tentang respon siswa yang diambil dari wawancara pada akhir siklus I dan II. Data yang diperoleh kemudian akan dianalisis sehingga akan diperoleh presentase keberhasilan tindakan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa presentase ketuntasan belajar siswa pada Tindakan I siklus I sebesar 62.5% serta aktivitas guru dan siswa berturut-turut adalah 86.56% dan 73.49%. Sementara itu pada siklus II menunjukkan hasil ketuntasan belajar siswa sebesar 85% serta aktivitas guru dan siswa berturut-turut 95.71% dan 82.85%. Dari hasil data yang diperoleh, terlihat bahwa implementasi model pembelajaran CLS (Cooperative Learning Structures) dengan pendekatan Teammates Consult dapat meningkatkan prestasi belajar siswa.
Berdasarkan penelitian ini, maka bagi guru matematika dan peneliti lain yang berminat mengadakan penelitian serupa, hendaknya melakukan pada sekolah dan materi yang berbeda serta menambah waktu penelitian sehingga diperoleh gambaran lebih lanjut mengenai efektivitas model pembelajaran CLS (Cooperative Learning Structures) dengan pendekatan Teammates Consult.
2132446/SB/2020 | KKI 510 NID i/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain