Electronic Resource
penerapan Model Pembelajaran Card Sort Untuk Meningkatkan keaktifan Dan Hasil Belajar Siswa Pada Mata pelajaran IPS Kelas VII B Di SMP PGRI 6 Malang Tahun Pelajaran 2018 2019
Berdasarkan hasil observasi peneliti saat melakukan kegiatan magang di SMP PGRI 6 Malang. Ketika dalam proses pembelajaran berlangsung siswa kelas VII B dapat diketahui bahwa keaktifan dan hasil belajar siswa mata pelajaran IPS kurang maksimal. Keaktifan yang rendah disebabkan oleh: 1) rasa keingintahuan siswa rendah, 2) siswa tidak bertanya ketika guru memberikan sesi pertanyaan, 3) siswa tidak memperhatikan saat guru menerangkan atau mendemonstrasi materi, 4) siswa juga jarang menyampaikan pendapatnya ketika diadakan diskusi kelompok belajar dalam kelas, 5) siswa tidak berani untuk menyampaikan atau mempresentasikan hasil diskusi kelompok di depan kelas. Hal itu juga mempengaruhi hasil belajar siswa yang rendah.
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS di kelas VII B SMP PGRI 6 Malang, dengan penerapan model card sort. Penelitian ini dirancang menggunakan penelitian tindakan kelas Model Kemmis dan Taggard. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pada siklus I hasil keaktifan siswa mencapai presentase aktif sebesar 71% dengan kategori aktif, sedangkan hasil bealajar siswa mencapai presentase ketuntasan 54% dengan kategori rendah. Siklus II menunjukan keaktifan dan hasil belajar meningkat dengan presentase keaktifannya sebesar 100% dengan kategori sangat aktif, sedangkan hasil belajar mencapai presentase 89% denagan kategori sangat tinggi.
Berdasrkan hasil penelitian dengan penerapan model pembelajaran card sort untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa kelas VII B SMP PGRI 6 Malang, pada tindakan siklus II masih ada 3 orang siswa yang belum tuntas. Oleh karena itu peneliti selanjutnya diharapkan dapat menindak lanjuti tindakan sampai semua siswa mendapatkan hasil belajar yang baik dan tuntas dengan nilai diatas KKM.
2132443/SB/2020 | KKI 910 NGA p/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain