Electronic Resource
Pengaruh Model Pembelajaran Team Assisted Individually (TAI) Melalui Crossword Puzzle Terhadap Minat Dan Hasil Belajar Siswa kelas V Sekolah Dasar
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) apakah ada pengaruh model pembelajaran Team Assisted Individually (TAI) melalui crossword puzzle terhadap minat belajar siswa kelas V SDN Bandungrejosari 3 Kota Malang. 2) apakah ada pengaruh model pembelajaran Team Assisted Individually (TAI) melalui crossword puzzleterhadap hasil belajar siswa kelas V SDN Bandungrejosari 3 Kota Malang. 3) apakah ada pengaruh model pembelajaran Team Assisted Individually (TAI) melalui crossword puzzle terhadap minat dan hasil belajar siswakelas V SDN Bandungrejosari 3 Kota Malang. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif. Jenis penelitian yang digunakan adalah Quasi Experimental Design dengan desain penelitian Nonequivalent Control Group Design. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik sampling jenuh. Sampel yang digunakan adalah siswa kelas VA yang berjumlah 37 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas VB yang berjumlah 38 siswa sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan tes. Analisis data menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, uji-t, dan uji Multivariate Analisis of Variance (MANOVA) dengan bantuan program SPSS 16.0 for windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) ada pengaruh yang signifikan penggunaan model pembelajaran Team Assisted Individually (TAI) melalui crossword puzzle terhadap minat belajar siswa kelas V SDN Bandungrejosari 3 Kota Malang yang dibuktikan melalui uji-t dengan hasil ttabel sebesar 1,666 dan thitung sebesar 16,136. Nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,000. Sehingga thitung > ttabel dan nilai Sig. < 0,05 maka Ha1 diterima dan Ho1 ditolak. 2) ada pengaruh yang signifikan penggunaan model pembelajaran Team Assisted Individually (TAI) melalui crossword puzzle terhadap hasil belajar siswa kelas V SDN Bandungrejosari 3 Kota Malang yang dibuktikan melalui uji-t dengan hasil ttabel sebesar 1,666 dan thitung sebesar 9,172. Nilai Sig.(2-tailed) sebesar 0,000. Sehingga thitung > ttabel dan nilai Sig. < 0,05 maka Ha2 diterima dan Ho2 ditolak. 3) ada pengaruh yang signifikan penggunaan model pembelajaran Team Assisted Individually (TAI) melalui crossword puzzle terhadap minat dan hasil belajar siswa kelas V SDN Bandungrejosari 3 Kota Malang yang dibuktikan melalui uji MANOVA dengan nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,000. Sehingga nilai Sig. < 0,05 maka Ha3 diterima dan Ho3 ditolak.
2132440/SB/2020 | KKI 372 ROS p/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain