Electronic Resource
Pengaruh Sinema Edukasi Terhadap Motivasi Belajar Siswa SMAN 1 Sukapura
Motivasi belajar adalah dorongan mental yang menggerakkan dan mengarahkan perilaku manusia, termasuk perilaku belajar. Dalam motivasi terkandung adanya keinginan yang mengaktifkan, menggerakkan, menyalurkan dan mengarahkan sikap dan perilaku individu untuk belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh sinema edukasi terhadap motivasi belajar siswa SMAN 1 Sukapura.
Penelitian ini menggunakan metode pre-experimental design dengan jenis One Group Pretest and Posttest. Pengambilan subjek dilakukan menggunakan teknik purposive sampling. Sehingga diperoleh 8 siswa yang memiliki motivasi belajar rendah. Instrumen pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan skala motivasi belajar. Teknik analisis data yang digunakan adalah Wilcoxon’s Signed Rank Test. Dalam penelitian ini ada perubahan motivasi belajar yang cukup tinggi dari sebelum pemberian treatment dan sesudah pemberian treatment.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada perbedaan antara skor sebelum treatment (pretest) dan treatmen (posttest) hal ini dapat dilihat dari hasil uji Wilcoxon antara pretest dan posttest menghasilkan nilai z hitung 2,521 dan nilai Asymp. Sig (2-Tailed) < 0,05 yaitu 0,012. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu teknik sinema edukasi berpengaruh dalam meningkatkan motivasi belajar siswa.
Saran bagi peneliti selanjutnya diharapkan agar dapat mencari genre film yang lebih menarik khususnya untuk siswa.
2132438/SB/2020 | KKI 371.4 PUT p/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain