Electronic Resource
Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Script Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar IPS Siswa Kelas IX C SMP PGRI 1 Singosari Kabupaten Malang
Hasil observasi ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar IPS siswa kelas IX C SMP PGRI 1 Singosari Kabupaten Malang melalui model pembelajaran cooperative script. Penelitian ini menunjukkan bahwa model cooperative script untuk meningkatkan motivasi belajar IPS siswa kelas IX C SMP PGRI 1 Singosari, terlihat dari keadaan sebelum menggunakan model (cooperative script) prasiklus terdapat 8 orang siswa yang berbincang dengan temannya, 6 orang siswa sedang berada diluar kelas, 12 orang siswa memperhatikan penjelasan guru namun tidak merespon saat diberikan pertanyaan oleh guru, dan 8 orang siswa lainnya aktif dalam mengikuti pembelajaran IPS yang ditandai adanya komunikasi timbalbalik antar guru dengan siswa. Data hasil observasi awal penelitian, dapat diketahui bahwa motivasi belajar siswa berada dalam kategori motivasi rendah. Setelah menggunakan model cooperative script pada siklus I dan siklus II observasi motivasi belajar siswa berdasarkan lima indikator penilaian terjadi peningkatan. Perolehan skor pada indikator kemampuan siswa untuk bertanya pada siklus I 9 siswa dan Siklus II 18 siswa, pada indikator kemampuan menjawab pertanyaan padasiklus I 10 siswa dan siklus II 19 siswa, pada indikator ikut berdiskusi mencari solusi pada siklus I 14 siswa dan siklus II 22 siswa.
2132435/SB/2020 | KKI 910 MUW p/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain