Electronic Resource
Analisis Pelaksanaan Model Modelling the Way Dalam Pembelajaran Tematik Siswa Kelas III SDN Sukun 3 Malang Tahun Pelajaran 2018 2019
Modeling the way memberikan kesempatan kepada siswa untuk mempraktekkan secara langsung materi yang sudah dipelajari. Di SDN Sukun 3 Malang guru menyampaikan tema, muatan pembelajaran yang disampaikan, yaitu bahasa Indonesia dan SBdP tentang membaca sesuai dengan intonasi yang tepat dan menyanyikan lagu naik-naik ke puncak gunung sesuai dengan birama empat. Dalam kelompok kecil siswa diberikan kesempatan belajar sendiri dengan memikirkan ide untuk memodelkan cara membaca dengan tepat.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui proses pelaksanaan pembelajaran modeling the way dalam pembelajaran tematik dan kendala dalam penerapannya serta cara mengatasinya. Penelitian ini, menggunakan penelitian kualitatif untuk memahami fenomena ( perilaku siswa ) yang terjadi seperti tindakan yang dilakukan.dengan menggunakan metode wawancara terstruktur, observasi terstruktur, dan dokumentasi. Tahap analisis data; pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, menarik kesimpulan. Dalam pengecekan keabsahan data, peneliti menggunakan triangulasi metode yang berbeda; wawancara, observasi dan dokumentasi dan trianglasi sumber, yaitu sumber yang berbeda; guru kelas, perwakilan siswa dengan menggunakan metode wawancara.
Hasil penelitian menunjukkan dalam proses pembelajaran modeling the way siswa berperan aktif dalam pembelajaran. Siswa memodelkan secara langsung materi pembelajaran, komunikatif, aktif, kreatif dalam pembelajaran. Guru menyampaikan tema, sub tema dan tujuan pembelajaran, siswa yang berperan aktif dalam pembelajaran. Pembelajarannya menyenangkan dan siswa lebih paham tentang materi yang dipelajari. Model pembelajaran ini sangat cocok diterapkan karena sesuai dengan pembelajaran tematik saat ini anak dituntut untuk berperan aktif dan kreatif dengan bimbingan guru. Kendala dalam penerapan pembelajaran modeling the way kendala secara klasikal karna kelasnya besar. Sehingga cara mengkondisikan siswa agak susah. Hasil penelitian upaya mengatasi penerapan pembelajaran modeling the way dapat diatasi dengan kreatifitas dan peran penting seorag guru baik dalam pengelolaan kelas maupun dalam pemilihan materi yang diajarkan diluar ruangan dan di dalam ruangan sehinga Siswa tidak hanya mendengarkan, akan tetapi siswa memodelkan secara langsung pembelajaran yang sudah di pelajari. Dengan demikian secara langsung siswa lebih paham tentang materi pembelajaran yang sudah diajarkan.
2132434/SB/2020 | KKI 372 RAD a/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain