Electronic Resource
Pengaruh Self Regulated Learning Terhadap Peningkatan Kebiasaan Belajar Siswa Kelas VII MTS Al Islamiyah Kedungrejo
Kebiasaan belajar merupakan kegiatan belajar yang dilakukan secara kontinu sehingga memiliki khas. Kebiasaan belajar setiap individu memiliki khas atau kenyamanan yang berbeda- beda. Seseorang dapat dikatakan memiliki kebiasaan belajar yang baik apabila proses atau cara belajarnya sesuai dengan dirinya. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan teknik self regulated learning dimana self regulated learning merupakan suatu kegiatan belajar yang menitik beratkan pada proses. Self regulated learning merupakan suatu teknik yang digunakan dalam bimbingan kelompok untuk meningkatkan kebiasaan belajar seseorang. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh self regulated learning terhadap peningkatan kebiasaan belajar siswa kelas VII MTs Al-Islamiyah Kedungrejo.
Metode dalam penilitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif eksperimen one group pretest-posttes dengan teknik pengambilan sample berupa purposive sampling. Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas VII MTs Al-Islamiyah Kedungrejo dengan jumlah sepuluh siswa yang memiliki skor kebiasaan belajar rendah. Self regulated learning diberikan melalui metode layanan bimbingan kelompok. Instrument yang digunakan adalah skala kebiasaan belajar sebanyak 30 item pernyataan. Analisis data menggunkan Uji Wlcoxon.
Hasil penelitian ini membuktikan bahwa kebiasaan belajar siswa meningkat setelah diberikan treatment dengan teknik self regulated learning. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya peningkatan terhadap kebiasaan belajar berdasarkan analisis yang dilakukan menggunakan Uji Wilcoxon yang menunjukkan sig. (2-tailed) 0, 005 < 0,05 artinya teknik self regulated learning mempengaruhi peningkatkan kebiasaan belajar siswa kelas VII MTs Al-Islamiyah Kedungrejo.
Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa self regulated learning mempengaruhi peningkatan kebiasaan belajar siswa kelas VII MTs Al-Islamiyah Kedungrejo. Penelitian ini dapat menjadi acuan untuk peneliti selanjutnya dalam melakukan penelitian serupa yang bertujuan untuk meningkatkan kebiasaan belajar melalui teknik self regulated learning.
2132429/SB/2020 | KKI 371.4 IMA p/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain