Electronic Resource
Penerapan Sistem Full Day School Di SDN Kebonsari 2 Dan SD Kristen Charis Kota Malang
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan full day school dalam hal: 1) Manajemen pengelolaan, (2) Faktor pendukung dan penghambat, dan (3) Upaya mengatasi hambatan.
Penelitian ini adalah jenis deskriptif kualitatif. Data primer diperoleh melalui wawancara terhadap kepala sekolah, staf dan juga guru. Observasi untuk melihat bagaimana penerapan full day school dan dokumentasi sebagai data pelengkap observasi dan wawancara. Tempat penelitian di SDN Kebonsari 2 Malang dan SD Kristen Charis Kota Malang. Analisa data diambil mulai dari reduksi data, penyajian data dan menarik kesimpulan.
Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan yang telah dilakukan, maka dapat ditarik kesimpulan sebagai berikut: (1) dalam penerapan full day school terdapat manajemen pengelolaan yang sudah baik, peningkatan kualitas yang terus diperhatikan serta mempunyai keunggulan-keunggulan tersendiri, (2) faktor pendukungnya adanya ketersediaan SDM dalam hal ini guru, fasilitas atau sarana prasarana, kurikulum, dan orang tua, (3) faktor penghambatnya adalah kesulitan dalam menyusun rencana pembelajaran, perubahan waktu yang terjadi sewaktu-waktu, waktu yang lama, dan rentan perhatian anak, (4) solusi yang dilakukan untuk mengatasi hambatan adalah terus menganalisa materi yang dapat dimasukan dalam lima hari sekolah, meningkatkan komunikasi dan koordinasi antara sekolah dan pembina ekstra dari luar, mengadakan program tidur siang, dan meningkatkan keterampilan para guru.
2132417/SB/2020 | KKI 372 FAL p/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain