Electronic Resource
Perbedaan Anatara Model Pembelajaran Konvesional Dan Pembelajaraan Inkuiri Terbimbing Menggunakan Pendekatan Saintifik Terhadap Motivasi Dan Prestasi Belajar Siswa Kelas VIII SMP Nasional Malang
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing dengan pendekatan saintifik dan motivasi terhadap prestasi belajar siswa. Penelitian ini termasuk penelitian kuasi eksperimen (quasi experiment) dengan mengunakan Pretest Posttest Only Control Gruop Design.
Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang dilakukan pada semester genap tahun ajaran 2018/2019. Sample dalam penelitian ini adalah siswa kelas
VIII A berjumlah 30 siswa sebagai kelas eksprimen dan kelas VIII B sebagai kelas kontrol.
Pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing dengan pendekatan saintifik ini sangat membantu siswa dalam proses pembelajaran. Karena dalam proses penerapannya guru dan siswa secara bersamasama mecahkan permasalahan selama proses pembelajaran. Berdasarkan hasil analisis penelitian melalui pretest terdapat tidak ada perbedaan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hal ini dapat dibuktikan
dari perolehan nilai Sig 0,0540 > 0,05 atau thitung < ttabel ( 0,0540 < 2,0450) dan posttest menunjukan bahwa ada perbedaan pengunaan model pembelajaran inkuiri terbimbing dengan pendekatan saintifik pada kelas eksperimen dengan model pembelajaran konvensinal pada kelas kontrol dalam meningkatkan motivasi belajar siswa yang dibuktikan oleh nilai Sig (0,004 < 0,05 ). Ada perbedaan antara model pembelajaran inkuiri terbimbing dengan pendekatan saintifik dengan model pembelajara konvensional dalam meningkatkan prestasi belajar siswa yang dibuktikan oleh nilai thitung > ttabel 3.2311 > 2,0452,).
2132414/PB/2020 | KKI 530 SAR p/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain