Digital Library

Universitas PGRI Kanjuruhan Malang

  • Beranda
  • Penghitung Jumlah Pengunjung
  • Informasi
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of Perbedaan Anatara Model Pembelajaran Konvesional Dan Pembelajaraan  Inkuiri Terbimbing Menggunakan Pendekatan Saintifik Terhadap Motivasi Dan Prestasi Belajar Siswa Kelas VIII SMP Nasional Malang

Electronic Resource

Perbedaan Anatara Model Pembelajaran Konvesional Dan Pembelajaraan Inkuiri Terbimbing Menggunakan Pendekatan Saintifik Terhadap Motivasi Dan Prestasi Belajar Siswa Kelas VIII SMP Nasional Malang

Felisitas Indra Sarina - Nama Orang; Dr. Sudi Dul Aji, M.Si - Nama Orang; Kurriawan Budi Pranata,S.Si.,M.Si - Nama Orang;

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing dengan pendekatan saintifik dan motivasi terhadap prestasi belajar siswa. Penelitian ini termasuk penelitian kuasi eksperimen (quasi experiment) dengan mengunakan Pretest Posttest Only Control Gruop Design.
Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang dilakukan pada semester genap tahun ajaran 2018/2019. Sample dalam penelitian ini adalah siswa kelas
VIII A berjumlah 30 siswa sebagai kelas eksprimen dan kelas VIII B sebagai kelas kontrol.
Pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing dengan pendekatan saintifik ini sangat membantu siswa dalam proses pembelajaran. Karena dalam proses penerapannya guru dan siswa secara bersamasama mecahkan permasalahan selama proses pembelajaran. Berdasarkan hasil analisis penelitian melalui pretest terdapat tidak ada perbedaan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hal ini dapat dibuktikan
dari perolehan nilai Sig 0,0540 > 0,05 atau thitung < ttabel ( 0,0540 < 2,0450) dan posttest menunjukan bahwa ada perbedaan pengunaan model pembelajaran inkuiri terbimbing dengan pendekatan saintifik pada kelas eksperimen dengan model pembelajaran konvensinal pada kelas kontrol dalam meningkatkan motivasi belajar siswa yang dibuktikan oleh nilai Sig (0,004 < 0,05 ). Ada perbedaan antara model pembelajaran inkuiri terbimbing dengan pendekatan saintifik dengan model pembelajara konvensional dalam meningkatkan prestasi belajar siswa yang dibuktikan oleh nilai thitung > ttabel 3.2311 > 2,0452,).


Ketersediaan
2132414/PB/2020KKI 530 SAR p/sPerpustakaan UnikamaTersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
KKI 530 SAR p/s
Penerbit
Malang : Pendidikan Fisika - Unikama., 2019
Deskripsi Fisik
xiii 60Hlm 26cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
530
Tipe Isi
text
Tipe Media
PDF
Tipe Pembawa
-
Edisi
1
Subjek
Prestasi Belajar
Motivasi Belajar
Inkuiri Terbimbing
Skripsi
Pendenkatan Saintifik
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • Harap masuk untuk melihat lampiran
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Digital Library
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

Perpustakaan Universitas PGRI Kanjuruhan Malang, menyajikan bahan-bahan referensi yang bisa dijadikan referensi untuk civitas akadmika dan umum. silahkan manfaatkan koleksi bahan pustaka yang ada untuk menunjang Pendidikan, Penelitian, dan untuk menambah wawasan kita

Satistik Data Pengunjung Web

Hari Ini : 1 Minggu Terakhir : 1 Bulan Terakhir : Seluruh :

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik