Electronic Resource
Analisis Kompetensi Sosial Guru Dalam Membangun Persepsi Dan Sikap Positif Siswa Kelas V SDN Tanjungrejo 04 Kota Malang
Kompetensi sosial merupakan kemampuan guru untuk berkomunikasi dan bergaul secara efektif dengan siswa, sesama pendidik, tenaga kependidikan, orang tua/wali siswa, dan masyarakat sekitar yang sekurang-kurangnya memiliki kompetensi untuk berkomunikasi secara lisan, tulisan dan isyarat, menggunakan teknologi informasi dan komunikasi secara fungsional, bergaul secara efektif dengan siswa, bergaul secara santun dengan masyarakat sekitar. Pelaksanaan kompetensi sosial guru dalam pembelajaran dapat diperinci dalam beberapa aspek, yaitu aspek bertindak dan bersikap obyektif terhadap siswa, aspek beradaptasi dengan lingkungan kelas, dan aspek berkomunikasi efektif, santun serta empati dengan siswa.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1). Bagaimana model-model penerapan komptensi sosial guru kelas V di SDN Tanjungrejo 04. 2). Apa saja hambatan yang dialami guru dalam menerapkan kompetensi sosial guru. 3). Upaya untuk mengatasi hambatan yang dialami guru dalam menerapkan kompetensi sosial guru. Pelaksanaan komptensi sosial guru dalam pembelajaran dapat diperinci dalam beberapa aspek, yaitu aspek bertindak dan bersikap obyektif terhadap siswa, aspek beradaptasi dengan lingkungan kelas, dan aspek berkomunikasi efektif, santun serta empati dengan siswa. Berdasarkan pembahasan diatas disarankan: Bagi guru, mampu menjadi teladan bagi siswa agar bersikap dan persepsi yang baik, mampu memberikan pemahaman tentang pesepsi dan sikap yang baik
2132409/SB/2020 | KKI 372 LAB a/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain