Electronic Resource
Keefektifan Teknik Flooding Untuk Mengurangi Kecemasan Akademik Siswa Kelas VII Di SMP Islam Di Ponegoro Wagir
Kecemasan akademik adalah suatu perasaan yang tidak menyenangkan ketika proses pembelajaran akademik berlangsung karena adanya rasa khawatir, dialog diri, keyakinan yang salah terhadap pandangan diri sendiri, seringnya melamun, melakukan reaksi fisik yang mudah terganggu oleh lingkungan sekitar sehingga,siswa merasa tidak nyaman, mudah tergangu dan sulit berkonsentrasi dalam proses pembelajaran akademik. Oleh karena itu perlu diberikan sebuah teknik Flooding dimana teknik ini meminta konseli untuk membayangkan hal-hal yang menjadi penyebab kecemasan dan membanjiri konseli dengan situasi yang dicemaskan sampai konseli menyadari apa yang dicemaskan tidak terjadi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektifan teknik flooding dalam mengurangi kecemasa akademik siswa.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan kuantitatif pre ekperimen dengan jenis one group pre-test and post-test dengan menggunakan analisis data uji wilcoxon. Subjek dalam penelitian ini adalah ketujuh siswa kelas VII SMP Islam diponegoro wagir. Penentuan subjek dalam penelitian ini berdasarkan hasil nilai pre-test skala kecemasan akademik yang tertinggi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat kecemasan akademik siswa kelas VII SMP Islam Diponegoro Wagir menurun dari kategori sangat tinggi menjadi kategori rendah setelah pemberian treatment menggunakan teknik flooding. Berdasarkan hasil analisis yang dilakukan menggunakan uji wilcoxon menunjukkan bahwa Sig (2-tailed) 0,018 < 0,05 artinya efektif untuk mengurangi kecemasan akademik siswa di SMP Islam Diponegoro Wagir.
Berdasarkan hasil analisis data yang sudah dilakukan maka dapat disimpulkan bahwa teknik flooding efektif untuk mengurangi kecemasan akademik siswa kelas VII SMP Islam Diponegoro Wagir. Pemberian teknik flooding ini seharusnya dilakukan secara berhati-hati karena mungkin akan terjadi reaksi emosi yang sangat tinggi.
2132407/SB/2020 | KKI 371.4 NUR k/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain