Electronic Resource
Analisis pendidikan Karakter Melalui kegiatan Literasi Di SDN Kebonsari 2 Malang
Penelitian ini membahas hasil penelitian Analisi Pendidikan Karakter Melalui Kegitan Literasi di SDN Kebonsari 2 Malang. Penelitian ini bertujuan : (1) Untuk mendiskripsikan upaya guru dalam meningkatkan karakter siswa melalui kegiatan literasi di SDN Kebonsari 2 Malang, (2) Untuk mendiskripsikan factor penghambat yang di alami sekolah dalam meningkatkan karakter siswa melalui kegiatan literasi di SDN Kebonsari 2 Malang. Pendekatan dan metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif deskriptif. Penelitian ini dilakukan pada bulan april 2019. Subjek dalam penelitian ialah kepala sekolah, guru dan pustakawan. Prosedur pengumpulan data ialah wawancara, observasi dan dokumentasi. Serta dilakukan triangulasi pengumpulan data, triangulasi sumber data, pengecekan anggota dan diskusi teman sejawat untuk memastikan keabsahan data. Analisis yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian adalah sebagai berikut penanaman pembiasaan kegiatan literasi yang di laksanakan pada setiap pagi selama 15 menit untuk mengembangkan karakter siswa untuk dapat berguna bagi bangsa dan negara dalam mngadakan literasi pihak sekolah bertujuan agar membentuk karakter siswa dalam bentuk bertanggung jawab, disiplin dan mandiri. Kegiatan yang dilaksanakan di SDN Kebonsari 2 Kota Malang untuk meningkatakan karakter siswa adalah melalui kegiatan literasi dengan cara pembiasaan yang dilakukan setiap hari oleh siswa selama 15 menit sebelum pembelajaran dimulai. Kegiatan ini sangat membantu membentuk karakter siswa yang lebih baik kedepannya. Jadi sekolah dituntut harus menerapkan kegiatan literasi untuk membentuk kepribadian siswa yang baik dan bisa membedakan mana yang baik dan kurang baik. Hambatan atau kendala yang ditemukan karena kurangnya bimbingan dari orang tua dan guru sehingga anak-anak pada saat mengikuti kegiatan literasi masih tidak mengikuti peraturan yang berlaku dalam kegiatan literasi. Masih ada siswa yang sering membaca buku komik dari pada buku pembelajaran. Itu merupakan salah satu kendalah yang dihadapi sekolah untuk membentuk karakter siswa yang baik.
2132393/SB/2020 | KKI 372 MAT a/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain