Electronic Resource
Analisis Kesesuaian Media Pembelajaran Dalam Pembelajaran Tematik kelas V Di SD Muslimat NU Kota Malang
Media pembelajaran sangat dibutuhkan dalam pembelajaran tematik, untuk membantu mempermudah menyampaikan dan memahami materi pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kriteria kesesuaian media pembelajaran dan penggunaan media pembelajaran siswa kelas V SD Muslimat NU Kota Malang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian Studi Kasus. Analisis data menggunakan model Miles dan Huberman yaitu, pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah lembar observasi, pedoman wawancara, dan studi dokumenter. Uji pengecekan keabsahan data menggunakan ketekunan dalam penelitian dan triangulasi teknik pengumpulan data. Hasil penelitian ditemukan bahwa (1) Pemilihan kriteria kesesuaian media pembelajaran terdapat 8 kriteria, yaitu media pembelajaran sesuai dengan tujuan pembelajaran, karakteristik siswa, sumber belajar, efisien dan efektifitas pemanfaatan media, keamanan siswa, mengembangkan keaktifan dan kreativitas siswa, mengembangkan suasana pembelajaran yang menyenangkan dan kualitas media pembelajaran. Dari 8 kriteria pemilihan media pembelajaran diperoleh media pembelajaran benda nyata memenuhi 7 kriteria, media pembelajaran poster memenuhi 6 kriteria. Media pembelajaran power point memenuhi 7 kriteria. (2) Penggunaan media pembelajaran benda nyata tepat digunakan dalam materi pembelajaran sifat-sifat benda, media pembelajaran poster tepat digunakan dalam materi perubahan wujud benda, dan media pembelajaran power point tepat digunakan dalam pembelajaran kondisi kehidupan masyarakat pada masa awal pengerakan nasional diberbagai daerah. Dapat disimpulkan bahwa pada pemilihan kriteria kesesuaian media pembelajaran benda nyata dan power point memenuhi 7 kriteria, dan media pembelajaran poster memenuhi 6 kriteria, dan media pembelajaran power point memenuhi 7 kriteria. Pengunaan media pembelajaran benda nyata, poster, dan power point tepat digunakan dalam pembelajaran tematik.
2132392/SB/2020 | KKI 372 IND r/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain