Electronic Resource
Keefektifan Bimbingan Belajar Menggunakan Metode Demonstrasi Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika Di SD Negeri Sogaan II Kecamatan Pakuniran Probolinggo
Prestasi belajar adalah hasil yang dicapai seseorang dalam penguasaan pengetahuan dan keterampilan yang dikembangkan dalam pelajaran, lazimnya ditunjukkan dengan tes angka nilai yang diberikan oleh guru. Banyak hambatan yang dialami siswa berkenaan dengan kebiasaan belajarnya yang kurang bervariasi, sehingga siswa enggan untuk mengikuti mata pelajaran yang akan diajarkan sehingga akan mempengaruhi prestasi belajarnya.
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: (1) tingkat prestasi belajar matematika siswa, (2) untuk mengetahui penggunaan metode demonstrasi pada siswa, dan (3) untuk mengetahui keefektifan bimbingan belajar menggunakan metode demonstrasi untuk meningkatkan prestasi belajar matematika.
Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan jenis one grup pretest dan posttest design. Subjek penelitian dipilih dengan menggunakan teknik non probability sampling dengan jenis purposive sampling, dimana peneliti akan menentukan sampel dengan pertimbangan tujuan penelitian yaitu yang berkaitan dengan prestasi rendah dari sebagian siswa SDN Sogaan II Kecamatan Pakuniran Probolinggo dengan menggunakan nilai ulangan harian. Berdasarkan pengukuran yang dilakukan dengan menggunakan nilai ulangan harian maka akan diambil subjek penelitian yang hasil pengukuran nilai ulangan harian rendah antara rentang nilai 0 – 36 siswa kelas IV untuk diberikan treatment bimbingan belajar dengan menggunakan metode demonstrasi. Instrument yang digunakan adalah ulangan harian. Penelitian ini menggunakan analisis statistik non parametrik dengan menggunakan uji wilcoxon.
Berdasarkan hasil penelitian, sebelum dan setelah diberikan treatment telah mengalami peningkatan dari hasil mulai ulangan harian 0 - 36 meningkan menjadi 71 – 95. Selanjutnya dipertegas dengan hasil analisis wilcoxon dengan nilai signifikansi sebesar 0.000 < 0.05, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan skor sebelum dan sesudah pemberian treatment bimbingan belajar dengan menggunakan metode demonstrasi dengan kata lain metode demonstrasi berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa.
Bagi sekolah disarankan untuk memfasilitasi dalam kegiatan bimbingan belajar siswa. Kemudian bagi siswa diharapkan dapat meningkat dan mempertahankan prestasi belajar yang sudah dicapai. Sedangkan bagi peneliti selanjutnya mampu melakukan penelitian yang berhubungan dengan metode demonstrasi untuk meningkatkan prestasi belajar siswa
2132388/SB/2020 | KKI 371.4 RES k/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain