Electronic Resource
Pengaruh Model Pembelajaran Talking Stick Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas IV Pada Subtema Pelestarian Kekayaan Sumber Daya Alam Di SDN 2 Gunung Rejo Singosari
Hasil belajar adalah hasil yang diperoleh dari proses belajar. Hasil belajar dapat berupa perubahan yang dialami oleh siswa setelah mengikuti kegiatan pembelajaran. Hasil belajar pada kegiatan ini di fokuskan pada aspek kognitif yang meliputi pengetahuan, pemahaman, aplikasi, analisis. Hasil belajar diketahui dari proses belajar tersebut dilakukan evaluasi. Ada beberapa hal yang mempengaruhi hasil belajar siswa yaitu dalam proses pembelajaran guru selalu menggunakan metode ceramah dan tanya jawab sehinnga membuat siswa merasa bosan, mengantuk dan bahkan tidak memerhtikan guru saat proses pembelajaran. Dengan adanya masalah tersebut maka salah satu solusi yang digunakan yaitu menerapkan model pembelajaran Talking Stick. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Talking Stick Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas IV Pada Subtema Pelestarian Kekayaan Sumber Daya Alam di SDN Gunung Rejo 2 Singosari. Tahap-tahap dalam model ini yaitu mempersiapkan bahan ajar, penyajian materi, penerapan model, formalisasi, evaluasi kelompok dan penghargaan.
Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Kuantitatif yaitu menggunakan desain Quasi Experimen atau yang disebut dengan eksperimen semu. Penelitian ini dilakukan selama dua hari. Data dalam penelitian ini adalah data hasil tes siswa, observasi dan dokumentasi. Data yang diperoleh kemudian diolah dan dianalisis. Hasil analisis data pada penelitian ini yaitu pada uji valitas data soal yang berjumlah 10 butir dan semua soal dinyatakan valid. Selain itu pada uji reabilitas menunjukan bahwa nilai reabilitasnya adalah α sebesar 0,756 dari 10 butir soal. Pada uji tingkat kesukaran soal.
Berdasarkan hasil penelitian hipotesis yang menggunakan independent t-test dihitung menggunakan SPSS v.16 data hasil posttest kelas kontrol dan eksperimen mendapatkan nilai signifikan 0,028 < 0,05 sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Talking Stick Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas IV pada Subtema Pelestarian Kekayaan Sumber Daya Alam di SDN Gunung Rejo 2 Singosari. Berdasarkan hasil penelitian ini, disarankan kepada guru pembelajaran tematik agar model-model pembelajaran yang sesuai dengan materi pembelajaran agar siswa menjadi lebih aktif dan tercitapnya suasana yang kondusif serta menyenangkan bagi siswa. Salah satu model pembelajaran yaitu model Talking Stick yang dapat digunakan untuk mata pelajaran lainnya karena model ini melatih siswa untuk lebih berpikir kreatif dan mencari informasi dari teman-temannya sendiri.
2132386/SB/2020 | KKI 372 ERV a/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain