Electronic Resource
Keefektifan Pendekatan Sets (Science Environment Technology And Society) Terhadap Sikap Ilmiah Siswa Kelas IV SD Dalam Pembelajaran IPA Di SDN Kemantren 01 Kecamatan Jabung Kabupaten Malang Tahun Ajaran 2018/2019
Penggunaan Pendekatan SETS dalam pembelajaran IPA dapat membuat siswa senang dan tertarik sehingga akan berdampak kepada sikap ilmiah siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektifan pendekatan SETS terhadap meningkatkan sikap ilmiah siswa kelas IV SDN Kemantren 01 Kecamatan Jabung Kabupaten Malang Tahun Ajaran 2018/2019.
Penelitian ini menggunakan bahwa pendekatan kuantitatif, dengan metode Nonequivalent control group design. Sampel penelitian ini ialah kelas IVA sebagai kelas eksperimen dan IVB sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data melalui observasi. Analisis data menggunakan SPSS 25.0 of Windows.
Hasil penelitian menunjukkan pendekatan SETS efektif dalam meningkatkan sikap ilmiah siswa kelas IV. Dapat dilihat dari hasil rata-rata yang berbeda setelah diberikan perlakuan. Nilai post memilki rata-rata 84,83 dan nilai pre memiliki rata-rata 71.96, dan hasil uji t yang menunjukkan nilai signifikan 0.05, yaitu (0.000 < 0.05). Hasil Uji gain score pada kelas kontrol nilai g sebesar 0,1 dan nilai g pada kelas eksperimen sebesar 0,4 pada kriteria Uji gain score jika nilai g 0,3 ≤ g ≤ 0,7 maka sedang atau aktif, hal ini terdapat peningkatan sikap ilmiah pada siswa kelas eksperimen dengan menggunakan pendekatan SETS. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa ada efektfif dalam meningkatkan sikap ilmiah siswa pada kelas IV SD yang menggunakan pendekatan SETS terhadap sikap ilmiah siswa pada mata pelajaran IPA SDN Kemantren 01 Kecamatan Jabung Kabupaten Malang Tahun Ajaran 2018/2019.
Penerapan pembelajaran menggunakan pendekatan SETS dapat meningkatkan sikap ilmiah siswa. Sikap ilmiah siswa seperti rasa ingin tahu, sikap senantiasa mendahulukan data/fakta, sikap berpikir kritis, sikap berpikir terbuka kerjasama dan sikap peka terhadap lingkungan sekitar. Muncul dan berkembang melalui kegiatan diskusi antar siswa sehingga siswa memiliki pemahaman konsep IPA yang baik dan mendalam.
2132384/SB/2020 | KKI 372 KUR k/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain