Electronic Resource
Pengaruh Penggunaan Strategi Pembelajaran Aktif Tipe Crossword Puzzle Tematik Terhadap Hasil Belajar siswa Pada Pembelajaran Tematik Kelas IV Sdn 3 Senggreng
Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk mengetahui adakah pengaruh penggunaan strategi pembelajaran aktif tipe Crossword Puzzle terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik kelas IV SDN 3 Senggreng. Pendekatan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitafif, jenis penelitian Quasi Experimental Design, rancangan penelitian yang digunakan yaitu Nonequivalent Control Group Design. Populasi dan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas IVA berjumlah 20 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas IVB berjumalah 19 siswa sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah Pretest dan Posstest. Uji instrumen tes menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, uji daya beda, dan uji kesukaran soal. Penelitian ini menggunakan analisis data berupa uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis. Hasil penelitian ditunjukan dengan hasil uji Independent Sample t-test yaitu thitung sebesar 2,805 dengan signifikasi sebesar 0,008 < 0,05 menunjukan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima, sehingga penggunaan strategi pembelajaran aktif tipe crossword puzzle memiliki pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik kelas IV SDN 3 Senggreng.
2132379/PB/2020 | KKI 372 YUN p/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain