Electronic Resource
Pengaruh Geogebra Classic Terhadap Hasil Belajar matematika Materi Bangun Ruang Siswa kelas V SDN 2 Mangliawan Kabupaten Malang
Memberikan pengalaman belajar siswa melalui proses belajar matematika yang menyenangkan dapat dilakukan melalui media pembelajar yang dikembangkan sesuai dengan teknologi yang ada dengan memanfaatkan fasilitas penunjang yang tersedia di Sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk melihat penggaruh hasil belajar siswa dengan menggunakan Geogebra Classic pada materi bangun ruang kelas V SDN 2 Mangliawan Kabupaten Malang. Penelitian ini mengunakan pendekatan kuantitatif dengan metode penelitian Nonequivalent Control Group Design. Sampel pada penelitian ini ialah siswa kelas VA dan VB. Teknik pengumpulan data melalui tes dan dianalisis menggunakan SPSS 21.0 for Windows. Hasil penelitian menunjukan bahwa adanya pengaruh hasil belajar siswa, dilihat melalui tes formatif yang menunjukan perbedaan rata-rata nilai kelas VA setelah diberikan perlakuan. Nilai pretest sebesar 66,4 dan nilai posttest sebesar 81,2. Uji T-test pada penelitian ini memperoleh hasil 0,002 < 0,05 sehingga Ho ditolak dan HA diterima, yang artinya ada pengaruh hasil belajar siswa dengan menggunakan Geogebra Classic. Dengan demikian ditarik kesimpulan bahwa ada pengaruh penggunaan Geogebra Classic terhadap hasil belajar matematika materi bangun ruang siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri 2 Mangliawan Kabupaten Malang. Secara keseluruhan sebaiknya penelitian ini dikembangkan lebih lanjut oleh peneliti lain dengan meningkatkan variabel bebas lain yang dapat mendukung perbaikan proses pembelajaran matematika Sekolah Dasar di Indonesia.
2132373/SB/2020 | KKI 372 AGU p/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain