Electronic Resource
Efektivitas Konseling Kelompok Dengan Teknik Self Management Untuk Meningkatkan Manajemen Diri Siswa SMAK Bhakti Luhur Malang
Manajemen diri atau pengaturan diri adalah kemampuan dalam diri seseorang untuk memunculkan dan memonitor sendiri pikiran, perasaan dan perilaku untuk mencapai suatu tujuan tertentu, dalam hal ini ialah tujuan belajar. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui tingkat manajemen diri siswa SMAK Bhakti Luhur Malang sebelum dan sesudah penerapan konseling kelompok dengan teknik self management serta menguji efektifitas konseling kelompok dengan teknik self management untuk meningkatkan manajemen diri siswa SMAK Bhakti Luhur Malang. Konseling kelompok dengan teknik self management terdiri dari tiga tahapan yaitu persiapan, peralihan, kegiatan dan pengakhiran. Pada setiap tahapnya, peneliti membuat perencanaan dan pertemuan.
Penelitian ini menggunakan rancangan Pre-Eksperimental Design dengan One Group Pretest-Posttest Design. Populasi penelitian ini adalah siswa SMAK Bhakti Luhur Malang. Sampel diambil menggunakan teknik purpose sampling dimana terlebih dahulu semua populasi diberi angket manajemen diri, lalu dipilih 8 siswa yang skor pretest yang tergolong rendah untuk dijadikan sampel. Instrumen pengumpulan data menggunakan skala manajemen diri, lembar kerja, lembar refleksi, pedoman eksperimen dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji jenjang Wilcoxon melalui program computer (SPSS) windows 16.0.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Tingkat manajemen diri siswa SMAK Bhakti Luhur Malang sebelum penerapan konseling kelompokmenggunakan teknik self management berada pada kategori sangat “rendah” dengan rata-rata skor pretest mencapai 144,875 (2) Tingkat manajemen diri siswa SMAK Bhakti Luhur Malang sesudah penerapan konseling kelompok menggunakan teknik self management berada pada kategori “tinggi “dengan rata-rata skor posttest 0,163 (3) Konseling kelompok menggunakan teknik self management efektif untuk meningkatkan manajemen diri siswa SMAK Bhakti Luhur Malang dengan Zhitung adalah -2.527a dan Sig. (2-tailed) 0, 012 < 0,05 artinya konseling kelompok melalui teknik self management efektif untuk meningkatkan manajemen diri siswa SMAK Bhakti Luhur Malang.
Berdasarkan penelitian ini dapat dianjurkan kepada guru bimbingan dan konseling agar dapat menggunakan teknik self management dalam memberikan layananan bimbingan dan konseling tertuama yang berkaitan dengan manajemen diri kepada siswa sehingga siswa tidak hanya mendengar apa yang dijelaskan oleh guru, melainkan dapat menerapkan kedisiplinan dalam mengatur diri dan mengarahkan diri untuk mencapai perubahan tingkah laku yang lebih baik.
2132372/SB/2020 | KKI 371.4 AMF e/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain