Digital Library

Universitas PGRI Kanjuruhan Malang

  • Beranda
  • Penghitung Jumlah Pengunjung
  • Informasi
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of Analisi Miskonsepsi IPA Materi Gaya Dan Gerak Pada Siswa Kelas IV SDN Rejoso 3 Kabupaten Blitar

Electronic Resource

Analisi Miskonsepsi IPA Materi Gaya Dan Gerak Pada Siswa Kelas IV SDN Rejoso 3 Kabupaten Blitar

Nopita Sari - Nama Orang; Farida Nur Kumala, S.Si., M.Pd. - Nama Orang; Dwi Agus Setiawan, M.Pd. - Nama Orang;

Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) menekankan pemberian pengalaman langsung untuk mengembangkan kompetensi siswa. karakteristik IPA yaitu mengamati, mencoba, menggunakan pengetahuan baru dan membuktikan pengalaman. Kesalahan konsep dapat bersumber dari peserta didik, bahan ajar, dan cara pembelajaran guru. Salah satu cara untuk menganalisis kesalahan konsep menggunakan metode CRI (Certainty of Response Index). Jenis penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian kualitatif deskriptif. Tujuan penelitian ini adalah (1) mengetahui tingkatan miskonsepsi pada gaya dan gerak kelas IV di SDN Rejoso 3 Kabupaten Blitar. (2) mengetahui penyebab terjadinya miskonsepsi pada materi gaya dan gerak kelas IV di SDN Rejoso 3 Kabupaten Blitar. Untuk mencapai tujuan di atas, digunakan pendekatan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Tekhnik Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode tes, wawancara, observasi, dan dokumentasi. Data yang dianalisis dengan cara mereduksi data yang tidak relevan, memaparkan data dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa (1) tingkatan kesalahan konsep siswa materi gaya dan gerak menggunakan metode CRI, konsep gaya gravitasi mengalami kesalahan konsep sebanyak 68,58%, konsep gaya gesek sebanyak 65,72%, konsep gaya pegas sebanyak 62,85%. Konsep pengaruh terhadap kecepatan sebanyak 42,86%, konsep pengaruh gaya terhadap bentuk benda sebanyak 48,58%. (2) penyebab kesalahan konsep adalah faktor siswa, faktor metode mengajar dan faktor buku. Dengan hasil temuan penelitian terhadap analisisis miskonsepsi siswa khususnya pada siswa kelas IV dapat membuat siswa lebih memahami materi yang disampaikan oleh guru dan dapat meningkatkan motivasi siswa dalam pembelajaran khususnya pada IPA Materi gaya dan gerak.


Ketersediaan
2132363/SB/2020KKI 372 SAR a/sPerpustakaan UnikamaTersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
KKI 372 SAR a/s
Penerbit
Malang : PGSD - Unikama., 2019
Deskripsi Fisik
xiii, 86Hlm 26cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
372
Tipe Isi
text
Tipe Media
PDF
Tipe Pembawa
-
Edisi
1
Subjek
Miskonsepsi
Skripsi
Gaya
Gerak
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • Harap masuk untuk melihat lampiran
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Digital Library
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

Perpustakaan Universitas PGRI Kanjuruhan Malang, menyajikan bahan-bahan referensi yang bisa dijadikan referensi untuk civitas akadmika dan umum. silahkan manfaatkan koleksi bahan pustaka yang ada untuk menunjang Pendidikan, Penelitian, dan untuk menambah wawasan kita

Satistik Data Pengunjung Web

Hari Ini : 1 Minggu Terakhir : 1 Bulan Terakhir : Seluruh :

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik