Electronic Resource
Meningkatkan Kemampuan Kosakata Anak Melalui Penggunaan Media Benda Kongrit Pada Anak Kelompok A Tk Dharma Wanita 05 Pagak Malang Tahun ajaran 2019/2020
Bahasa yang diungkapkan anak tidak lepas dari banyaknya kosakata yang dikuasainya, anak yang banyak menguasai kosakata maka mereka tidak akan mempunyai hambatan dalam berbahasa. Kosakata adalah perbendaharaan atau kekayaan kata yang dimiliki dalam suatu bahasa. Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan di TK Dharma Wanita 05 Pagak Malang menunjukkan bahwa anak masih kesulitan dalam meningkatkan kosakata yaitu kesulitan dalam menyebut dan mengulangi kembali kata yang baru didengarnya. Untuk meningkatkan kosakata yang dimiliki oleh anak banyak sekali media yang dapat di gunakan oleh guru, pemilihan media yang tepat dapat menjadi penentu keberhasilan perkembangan pada anak yakni kemampuan kosakata dalam aspek bahasa. Salah satu media tesebut adalah media benda kongkrit. Media benda konkret adalah objek yang sesungguhnya yang akan memberikan rangsangan yang amat penting bagi anak.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui langkah-langkah meningkatkan kosakata melalui penggunaan media benda kongkrit pada anak kelompok A Tk Dharma 05 Pagak Malang, dan untuk mengetahui penggunaan media benda kongkrit dapat meningkatkan kemampuan kosakata anak kelompok A Tk Dharma Wanita 05 Pagak Malang.
Metode Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus yang mengacu pada model Kemmis dan Mc. Taggart. Subyek penelitian ini adalah anak didik kelompok A TK Dharma Wanita 05 Pagak Malang yang berjumlah 15 anak.
Hasil analisis pada siklus I pertemuan pertama sebesar 45%, dan pertemuan kedua sebesar 52,5%. Siklus II pertemuan pertama sebesar 71,65% dan meningkat pada pertemuan kedua menjadi 78,35%. Hasil pada siklus I dan II menunjukan presentase ketuntasan lebih besar dari 75%. Maka terjadi peningkatan presentase kemampuan kosakata anak dengan menggunakan media benda kongkrit pada setiap siklusnya dan menunjukkan ketuntasan sebesar 80%
Kesimpulan penelitian ini Penggunaan Media Benda Kongkrit dapat meningkatkan kemampuan kosakata serta menambah kepercayaan diri anak dalam menceritakan suatu pengalamannya.. bagi guru untuk memperoleh pengalaman serta dapat memperbaiki dan meningkatkan proses pembelajaran di kelas. Bagi Kepala Sekolah Sebagai referensi untuk memilih dan menentukan media yang baik dan cocok untuk pembelajaran menjadi masukan dalam peningkatan kualitas mengajar guru khususnya untuk guru kelas dan untuk peneliti pain penelitian ini diharapkan dapat menambah wawasan serta menjadi gambaran apabila akan melakukan penelitian di bidang kosakata.
21345463/SB/2023 | KKI 372 MBA m/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain