Electronic Resource
Pengembangan Media Papan Kartu Aksara Jawa (Karaja) Pada Pembelajaran Bahasa Jawa Siswa Kelas V Di Sdn Bakalan Krajan 1 Kota Malang
Rendahnya keterampilan menulis Aksara Jawa siswa disebabkan oleh kurangnya inovasi dalam penggunaan media pembelajaran. Hasil analisis pada pembelajaran Bahasa Jawa menunjukan Guru menggunakan media berupa poster Aksara Jawa berukuran 29,7 x 42 cm, Menyebabkan siswa kesulitan dalam memahami materi yang dimuat dalam media poster tersebut. Dengan mediaposter tersebut belum mampu meningkatkan minat belajar siswa. Penelitian ini bertujuan mengembangkan media pembelajaran sebagai alat bantu pada pembelajaran Bahasa Jawa khususnya materi menulis Aksara Jawa, dan mengukur kelayakan, kepraktisan, serta keefektifan media yang dikembangkan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan (R&D). Penelitian ini menggunakan langkah-langkah model ADDIE yaitu, analysis, design, development, implementation, dan evaluation. Produk yang dikembangkan dalam penelitian ini dinilai oleh validator, respon guru dan siswa, serta diukur dengan hasil belajar setelah menggunakan produk yang dikembangkan. Hasil penelitian produk menunjukan, hasil validasi oleh ahli media, ahli materi, dan ahli bahasa mendapat nilai 86,3% (valid). Berdasarkan hasil validasi, produk dinilai dapat memudahkan dalam menyusun dan menulis Aksara Jawa. Dengan demikian, produk dinyatakan layak. Hasil angket respon guru dan siswa mendapat nilai rata-rata 3,586. Berdasarkan respon guru dan siswa, produk dinyatakan praktis, karena mampu memudahkan siswa dalam menyusun dan menulis Aksara Jawa tanpa harus membuka panduan yang ada di buku paket. Setelah siswa mengikuti pembelajaran Bahasa Jawa dengan bantuan media papan kartu Aksara Jawa, siswa kelas V SDN Bakalan Krajan 1 mendapat nilai rata-rata 86, nilai yang didapat siswa telah memenuhi kriteria ketuntasan minimal >65. Pembelajaran Bahasa Jawa dengan bantuan media papan kartu Aksara Jawa (Karaja) dapat membantu siswa mencapai KKM. Dengan demikian, produk dinyatakan efektif digunakan dalam pembelajaran Bahasa Jawa.
2132361/SB/2020 | KKI 372 YUF p/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain