Electronic Resource
Pengaruh Media Domino Dengan Metode Demonsgrasi Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas Vi Pada Mata Pelajaran Matematika Materi Pecahan Sdn Purwodadi 3 Kecamatan Purwodadi Kabupaten Pasuruan
Secara umum matematika merupakan mata pelajaran yang tidak menarik bagi siswa karena sulit dimengerti dan sulit untuk dipahami. Sampai saat ini proses pembelajaran matematika masih menggunakan metode ceramah sehingga guru menjadi pusat sumber belajar siswa. Selain kurangnya metode pembelajaran, guru juga tidak membuat media atau alat peraga yang konkret sehingga tidak dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Media Domino pada metode Demonstrasi terhadap Hasil Belajar Siswa pada mata pelajaran matematika materi pecahan. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan desain penelitian Quasai Eksperiment dengan menggunakan non equivalent control group design. Penelitian ini menggunakan dua kelompok yaitu eksperimen dan kelompok kontrol yang masing-masing berjumlah 48 siswa. Instrumen yang digunakan soal pre-test dan post test yang terdiri dari 10 soal pilihan ganda. Analisis data menggunakan uji T (Sample Independent Test) dengan SPSS 24.0 For Windows. Hasil penelitian dengan uji t diketahui bahwa nilai Sig. (2-tailed) yaitu 0,011 lebih kecil dari nilai α = 0,05, sehingga H0 ditolak dan Ha diterima, artinya bahwa terdapat pengaruh media domino dengan metode demonstrasi terhadap hasil belajar siswa. Dengan demikian media Domino pada metode demonstrasi dapat diterapkan di sekolah dasar sehingga dapat bermanfaat bagi proses pembelajaran.
2132353/SB/2020 | KKI 372 INS p/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain