Digital Library

Universitas PGRI Kanjuruhan Malang

  • Beranda
  • Penghitung Jumlah Pengunjung
  • Informasi
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of Penerapan Model Pembelajaran Listening Team Untuk Meningkatkan Berfikir Aplikatif Keaktifan Belajar IPA Siswa

Electronic Resource

Penerapan Model Pembelajaran Listening Team Untuk Meningkatkan Berfikir Aplikatif Keaktifan Belajar IPA Siswa

Feni Meilina Anggraeni - Nama Orang; Farida Nur Kumala,S.Si.,M.Pd. - Nama Orang; Arnelia Dwi Yasa, S.Pd. M.Pd - Nama Orang;

Pembelajaran IPA dijenjang sekolah dasar memiliki banyak kendala terutama dalam melaksanakan praktek atau melakukan percobaan sehingga berdampak pada keaktifan belajar dan berfikir aplikatif siswa. Permasalahan didalam proses pembelajaran yang menjadi alasan terjadinya kendala yaitu siswa kurang mampu memecahkan masalah yang berhubungan dengan konsep IPA dan pengaplikasikan di kehidupan, diskusi kelompok yang belum aktif, keaktifan belajar siswa kurang terasah, guru menggunakan model pembelajaran konvensional yang membosankan. Salah satu solusi yang digunakan yaitu menerapkan model pembelajaran listening team.
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan hasil penerapan model pembelajaran listening team dalam meningkatkan berfikir aplikatif IPA siswa kelas V (2) mendeskripsikan penerapan model pembelajaran listening team dalam meningkatkan keaktifan belajar IPA siswa kelas V. Penelitian ini menggunakan jenis pendekatan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan rancangan model Kemmis & MC Taggart. Subjek penelitian adalah siswa kelas V Bukhoro di MIT Ar-Roihan Lawang dengan jumlah 21 siswa perempuan.Instrumen penelitian yang digunakan adalah observasi, wawancara, dokumentasi dan test. Analisis data yang digunakan yaitu data kualitatif dan data kuantitatif. Adapun tahapan model pembelajaran listening team yaitu: (1) Pemaparan materi, (2) Pembagian 4 kelompok dan peran, (3) Menjalankan diskusi dengan penyelesaian tugas dan peran, (4)Penyampaian hasil diskusi, (5)Penyampaian klarifikasi dan (6)Penyampaian kata kunci/konsep yang dikembangkan.
Prosentase keberhasilan kesesuaian langkah penerapan model pembelajaran listening team pada siklus 1 sebesar 84,4% dan siklus 2 menjadi 92,2%. Model listening team dapat meningkatkan berfikir aplikatif siswa dengan hasil tahap prasiklus sebesar 9,52% meningkat 85,7% pada siklus 1 dan menjadi 95,2% pada siklus 2. Keberhasilan model listening team dalam meningkatkan keaktifan belajar siswa disiklus 1 sebesar 38,1% dan meningkat disiklus 2 menjadi 85,7%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran listening team dapat meningkatkan berfikir aplikatif dan keaktifan belajar IPA siswa kelas V di MIT Ar-Roihan Lawang. Melalui proses adanya melakukan percobaan langsung dan diskusi maka akan meningkatkan kemampuan menerapkan siswa sementara melalui sistem point dan perbedaan peran yang di dapatkan setiap kelompok akan dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa.


Ketersediaan
2132351/SB/2020KKI 372 ANG p/sPerpustakaan UnikamaTersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
KKI 372 ANG p/s
Penerbit
Malang : PGSD - Unikama., 2019
Deskripsi Fisik
xvi, 568Hlm 26cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
372
Tipe Isi
text
Tipe Media
PDF
Tipe Pembawa
-
Edisi
1
Subjek
Keaktifan belajar
Skripsi
Ilmu Pengetahuan Alam
Model Listening Team
Berfikir Aplikatif
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • Harap masuk untuk melihat lampiran
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Digital Library
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

Perpustakaan Universitas PGRI Kanjuruhan Malang, menyajikan bahan-bahan referensi yang bisa dijadikan referensi untuk civitas akadmika dan umum. silahkan manfaatkan koleksi bahan pustaka yang ada untuk menunjang Pendidikan, Penelitian, dan untuk menambah wawasan kita

Satistik Data Pengunjung Web

Hari Ini : 1 Minggu Terakhir : 1 Bulan Terakhir : Seluruh :

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik