Electronic Resource
Pengaruh Model Pembelajaran Word Square Berbasis Media Diorama Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Tematik Kelas III Di SDN Kebonsari 3 Kota Malang
Pembelajaran saat ini masih berpusat pada guru sehingga membuat siswa lebih pasif, kurang antusias dalam mengikuti pembelajaran, dan hasil belajar siswa masih banyak yang belum mencapai KKM. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran word square berbasis media diorama terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik kelas III di SDN Kebonsari 3 Kota Malang. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif, jenis penelitian ini adalah eksperimen dengan bentuk quasi eksperimen design. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas III SDN Kebonsari 3 Kota Malang yang berjumlah 62 siswa dengan jumlah 2 kelas yaitu kelas IIIA dengan jumlah 31 siswa dan kelas IIIB dengan jumlah 31 siswa. Metode pengumpulan data diantaranya menggunakan test. Instrumen yang digunakan adalah test yaitu berupa pretest dan posttest. Uji instrumen menggunakan uji validitas dan reliabilitas. Uji analisis data terdiri dari uji normalitas, homogenitas, dan uji hipotesis. Uji hipotesis dalam penelitian ini yaitu menggunakan uji t (t-test).
Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh penggunaan model pembelajaran word square berbasis media diorama terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik kelas III di SDN Kebonsari 3 Kota Malang. Dengan rata-rata pretest 59,193 pada kelas kontrol dan 61,290 pada kelas eksperimen. Sedangkan nilai rata-rata posttest pada kelas kontrol 69,838 dan kelas eksperimen 76,774. Analisis data kedua kelas menggunakan uji t (t-test) diperoleh hasil signifikasi (sig) sebesar 0,002 < 0,05 maka dinyatakan Ha diterima dan Ho ditolak. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh model word square berbasis media diorama terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik kelas III di SDN Kebonsari 3 Kota Malang. Saran dalam penelitian ini adalah guru diharapkan mampu menerapkan model pembelajaran yang inovatif seperti model pembelajaran word square berbasis media diorama yang dapat berpengaruh terhadap hasil belajar siswa.
2132349/SB/2020 | KKI 372 IND p/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain