Electronic Resource
Pengaruh Model Pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) Berbantuan Permainan Dadu Terhadap Minat Belajar siswa Kelas III Sdn Sukun 2 Malang Tahun ajaran 2018/2019
Pada pembelajaran IPA siswa di kelas III, siswa terlihat tertarik dalam mendengarkan penjelasan guru sehingga tampak tidak membosankan. Tujuan penelitian untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran team games tournament terhadap minat belajar siswa kelas III SDN Sukun 2 Malang tahun ajaran 2018/2019 sehingga siswa menjadi tertarik dan merasa senang mengikuti pembelajaran. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian Quasi Experiment, dan desain Nonequivalent Control Group Design. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik Nonprobability Sampling. Jenis yang digunakan dalam teknik ini adalah semua populasi digunakan sebagai sampel. Jadi sampel yang digunakan adalah semua siswa kelas III SDN Sukun 2 Malang dengan jumlah 54 siswa, yang terbagi menjadi dua kelas yakni kelas IIIa sebagai kelas eksperimen sebanyak 27 siswa, dan kelas IIIb sebagai kelas kontrol sebanyak 27 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian berupa angket minat belajar siswa Hasil penelitian menunjukkan pengaruh yang signifikan antara model pembelajaran team games tournament terhadap minat belajar siswa. Hal ini Berdasarkan uji t menggunakan SPSS 16.0 for windows diperoleh hasil uji hipotesis angkt kelas IIIa (kelas eksperimen) dan kelas IIIb (kelas kontrol) adalah sig. (2- tailed) 0,000 < taraf signifikan 0,05 maka dapat disimpulkan Ha diterima dan H0 ditolak, Jadi pada penelitian ini ada pengaruh model pembelajaran teams games tournament terhadap minat belajar siswa kelas III SDN Sukun 2 Malang.
2132341/SB/2020 | KKI 372 SER p/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain