Electronic Resource
Implementasi Permainan Maze Berjalan Untuk Mengembangkan Kemampuan Kognitif Peserta Didik Kelompok A Di Pos PAUD Teratai Kota Malang
Kemampuan kognitif ialah proses yang terjadi secara internal di dalam pusat susunan saraf pada waktu anak sedang berfikr, perkembangan kognitif di berikan stimulus yang tepat agar dapat berkembang secara optimal. Berdasarkan hasil observasi ,terhadap peserta didik kelompok A di pos paud teratai kota Malang dalam pengembangan kemampuan kognitif, mengenal angka 1-10, menyebutkan angka 1-10, menghitung angka 1-10. belum berkembang secara optimal, dilihat dari kemampuan anak pada saat peserta didik belum bisa mengenal menghitung dan menyebutkan angka 1-10.
Tujuan dalam penelitian ini untuk mengetahui kemampuan kognitif peserta didik dengan menggunakan permainan maze. Subyek dari penelitian ini terdapat pada anak kelompok A jumlah peserta didik 16 anak terdiri dari 7 anak perempuan, dan 9 anak laki-laki,
Metode pre-experimental one group pretest-postest, desain ini melibatkan satu kelompok, pengukuran dan observasi dilakukan dua kali yaitu sebelum diberi perlakuan dan sesudah diberi perlakuan dengan pembelajaran implementasi permainan maze berjalan untuk mengembangkan kemampuan kognitif peserta didik kelompok A. Uji hipotesis dalam penelitian ini menggunakan Uji T. diolah dan di analisisnya menggunakan SPSS 22,0,windows . Jika hasil signifikan < 0,05 maka dapat dikatakan H1 diterima dan Ho ditolak. Dari perhitungan statistik angka signifikasi 0,000 dengan derajad signifikansi 0,05. hipotesis penelitian dapat disimpulkan bahwa variabel kegiatan permainan maze berjalan (X) berpengaruh terhadap perkembangan kemampuan kognitif peserta didik kelompok A (Y), sehingga Ho ditolak dan Ha diterima .
Berdasarkan hasil penelitian tersebut penulis berkesimpulan bahwa proses pembelajaran dengan menggunakan media maze berjalan pada anak kelompok A di Pos Paud Teratai dapat mengembangkan kemampuan kognitif peserta didik. Sarannya agar Guru tidak harus mengulang kegiatan yang sama untuk mengembangkan kemampuan kognitif anak tetapi menggunakan kegiatan yang menarik dan bervariasi untuk mengembangkan minat anak seperti kegiatan permainan maze berjalan
2132330/SB/2020 | KKI 372 MAW i/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain