Digital Library

Universitas PGRI Kanjuruhan Malang

  • Beranda
  • Penghitung Jumlah Pengunjung
  • Informasi
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of Pengaruh Metode Role Playing Terhadap Kepercayaan Diri Dan Aktivitas Belajar Siswa Kelas IV SDN Bakalan Krajan 1 Malang

Electronic Resource

Pengaruh Metode Role Playing Terhadap Kepercayaan Diri Dan Aktivitas Belajar Siswa Kelas IV SDN Bakalan Krajan 1 Malang

Antonia Lelo - Nama Orang; Nury Yuniasih, M.Pd - Nama Orang; Arief Rahman Hakim, M. Pd - Nama Orang;

Kepercayana diri merupakan kepercayaan akan diri sendiri dalam melakukan sesuatu tanpa berpikiran tentang hal-hal yang menghambat tujuan keberhasilan hidup seseorang. Siswa yang memiliki kepercayaan diri adalah siswa yang yakin pada diri sendiri, memiliki keberanian untuk bertindak dan tidak ragu-ragu. Aktivitas belajar juga berperan penting dalam proses belajar siswa. Aktivitas siswa adalah aktivitas yang dilakukan siswa secara fisik maupun psikis untuk mencapai tujuan pembelajaran yang maksimal. Tetapi pada kenyataannya pada pembelajaran siswa kurang percaya diri untuk tampil didepan kelas, tidak berani bertanya sehingga aktivitas siswa hanya duduk dan mendengarkan saja penjelasan dari guru dan tidak memahami materi yang dijelaskan guru. Untuk mengatasi masalah tersebut maka cara yang digunakan adalah dengan menggunakan metode role playing. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh metode role playing terhadap kepercayaan diri siswa pada kelas V SD. (2) pengaruh metode role playing terhadap aktivitas belajar siswa pada kelas IV SD.
Penelitian ini termasuk metode penelitian kuantitatif dengan bentuk penelitian Nonequivalen control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IVA dan kelas IVC SDN Bakalan Krajan 1 Malang dengan jumlah 50 siswa. Penentuan sampel menggunakan cluster sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa lembar observasi. Selanjutnya analisis data menggunakan uji normalitas,uji homogenitas. Kemudian data analisis menggunakan uji t independent sampel dengan bantuan SSPS 16.0 for windows.
Berdasarkan hasil uji hipotesis dengan menggunakan uji t denagn banutan SPSS 16.0 for windows, diperoleh hasil sebagai berikut: (1) ada pengaruh signifikan antara metode role playing dengan kepercayaan diri dengan diperoleh nilai signifikasi sebesar 0,000 yang nilainya lebih kecil dari 0,05 (0,000ttabel =1,677. Hasil tersebut menunjukan bahwa Ha diterima dan Ho ditolak artinya bahwa ada pengaruh signifikan antara metode role playing terhadap kepercayaan diri. (2) adanya pengaruh yang signifikan metode role playing dengan aktivitas belajar dengan diperoleh nilai signifikasi sebesar 0,000 yang nilainya lebih kecil dari 0,05 (0.000ttabel =1,677. Hasil ini menunjukan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima maka, metode role playing memiliki pengaruh signifikan terhadap aktivitas belajar. Jadi dari hasil yang diperoleh dapat ditarik kesimpulan bahwa ada pengaruh signifikan antar metode role playing terhadap kepercayaan diri dan aktivitas belajar siswa di SDN Bakalan Krajan 1 Malang. Saran dari peneliti bagi sekolah adalah metode role playing dapat dijadikan sebagai metode dalam pembelajaran yang dapat meningkatkan kepercayaan diri dan aktivitas belajar siswa dan dapat meningkatkan mutu dalam pembelajaran.


Ketersediaan
2132318/SB/2020KKI 372 LEL p/sPerpustakaan UnikamaTersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
KKI 372 LEL p/s
Penerbit
Malang : PGSD - Unikama., 2019
Deskripsi Fisik
ix,60Hlm 26cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
372
Tipe Isi
text
Tipe Media
PDF
Tipe Pembawa
-
Edisi
1
Subjek
Kepercayaan Diri
Aktivitas Belajar
Skripsi
Metode Role Playing
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • Harap masuk untuk melihat lampiran
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Digital Library
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

Perpustakaan Universitas PGRI Kanjuruhan Malang, menyajikan bahan-bahan referensi yang bisa dijadikan referensi untuk civitas akadmika dan umum. silahkan manfaatkan koleksi bahan pustaka yang ada untuk menunjang Pendidikan, Penelitian, dan untuk menambah wawasan kita

Satistik Data Pengunjung Web

Hari Ini : 1 Minggu Terakhir : 1 Bulan Terakhir : Seluruh :

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik