Electronic Resource
Pengaruh Metode Role Playing Terhadap Kepercayaan Diri Dan Aktivitas Belajar Siswa Kelas IV SDN Bakalan Krajan 1 Malang
Kepercayana diri merupakan kepercayaan akan diri sendiri dalam melakukan sesuatu tanpa berpikiran tentang hal-hal yang menghambat tujuan keberhasilan hidup seseorang. Siswa yang memiliki kepercayaan diri adalah siswa yang yakin pada diri sendiri, memiliki keberanian untuk bertindak dan tidak ragu-ragu. Aktivitas belajar juga berperan penting dalam proses belajar siswa. Aktivitas siswa adalah aktivitas yang dilakukan siswa secara fisik maupun psikis untuk mencapai tujuan pembelajaran yang maksimal. Tetapi pada kenyataannya pada pembelajaran siswa kurang percaya diri untuk tampil didepan kelas, tidak berani bertanya sehingga aktivitas siswa hanya duduk dan mendengarkan saja penjelasan dari guru dan tidak memahami materi yang dijelaskan guru. Untuk mengatasi masalah tersebut maka cara yang digunakan adalah dengan menggunakan metode role playing. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh metode role playing terhadap kepercayaan diri siswa pada kelas V SD. (2) pengaruh metode role playing terhadap aktivitas belajar siswa pada kelas IV SD.
Penelitian ini termasuk metode penelitian kuantitatif dengan bentuk penelitian Nonequivalen control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IVA dan kelas IVC SDN Bakalan Krajan 1 Malang dengan jumlah 50 siswa. Penentuan sampel menggunakan cluster sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa lembar observasi. Selanjutnya analisis data menggunakan uji normalitas,uji homogenitas. Kemudian data analisis menggunakan uji t independent sampel dengan bantuan SSPS 16.0 for windows.
Berdasarkan hasil uji hipotesis dengan menggunakan uji t denagn banutan SPSS 16.0 for windows, diperoleh hasil sebagai berikut: (1) ada pengaruh signifikan antara metode role playing dengan kepercayaan diri dengan diperoleh nilai signifikasi sebesar 0,000 yang nilainya lebih kecil dari 0,05 (0,000ttabel =1,677. Hasil tersebut menunjukan bahwa Ha diterima dan Ho ditolak artinya bahwa ada pengaruh signifikan antara metode role playing terhadap kepercayaan diri. (2) adanya pengaruh yang signifikan metode role playing dengan aktivitas belajar dengan diperoleh nilai signifikasi sebesar 0,000 yang nilainya lebih kecil dari 0,05 (0.000ttabel =1,677. Hasil ini menunjukan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima maka, metode role playing memiliki pengaruh signifikan terhadap aktivitas belajar. Jadi dari hasil yang diperoleh dapat ditarik kesimpulan bahwa ada pengaruh signifikan antar metode role playing terhadap kepercayaan diri dan aktivitas belajar siswa di SDN Bakalan Krajan 1 Malang. Saran dari peneliti bagi sekolah adalah metode role playing dapat dijadikan sebagai metode dalam pembelajaran yang dapat meningkatkan kepercayaan diri dan aktivitas belajar siswa dan dapat meningkatkan mutu dalam pembelajaran.
2132318/SB/2020 | KKI 372 LEL p/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain