Electronic Resource
Pengaruh Model Pembelajaran Teams Games Tournament Dengan Bantuan Media Ular Tanggal Terhadap Kecerdasan Interpersonal Siswa Kelas V SDN Tanjungrejo 02 Malang Tahun Ajaran 2018/2019
Pembelajaran saat ini berpusat pada guru (teacher center), hal ini menjadikan siswa lebih pasif saat berada di lingkungan sekolah. Selain itu, kurangnya rasa sosialisasi dan kepekaan terhadap lingkungan sekitar, cenderung acuh tidak acuh, sering menyendiri dan kurang berinteraksi. Hal ini merupakan suatu bentuk kesenjangan. Upaya yang dapat dilakukan yaitu dengan menerapkan model pembelajaran yang bertujuan untuk mengatasi sikap sosial siswa. Salah satu model pembelajaran yang dapat digunakan yaitu model pembelajaran TGT dengan bantuan media ular tangga yang telah di desain oleh peneliti.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) pengaruh model pembelajaran Teams Games Tournament dengan bantuan media ular tangga SDN Tanjungrejo 2 Malang V SDN Tanjungrejo 2 Malang. (2) mendeskripsikan respon siswa kelas V SDN Tanjungrejo 2 Malang terhadap penggunaan model pembelajaran TGT dengan bantuan media ular tangga.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian quasi experimental dengan pendekatan kuantitatif rancangan penelitian non equivalent control group design. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Tanjungrejo 02 Malang yang berjumlah 62 siswa dengan jumlah 2 kelas yaitu kelas VA dengan jumlah 31 siswa dan kelas VB dengan jumlah 31 siswa. Pengambilan sampel menggunakan teknik sampling jenuh yaitu semua populasi dijadikan sampel. Metode pengumpulan data diantaranya menggunakan angket atau questioner. Uji instrument menggunakan uji validitas dan reliabilitas. Uji analisis data terdiri dari uji normalitas, homogenitas dan uji hipotesis. Uji hipotesis dalam penelitian ini yaitu menggunakan uji t (t-test).
Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) terdapat pengaruh yang signifikan pada penerapan model pembelajaran TGT dengan bantuan media ular tangga terhadap kecerdasan interpersonal siswa kelas V SDN Tanjungrejo 02 Malang. Berdasarkan hasil yang diperoleh terdapat perbedaan hasil rata-rata angket sebelum dan setelah pembelajaran pada kelas eksperimen sebesar 59.90 dan 65.48 sedangkan pada kelas kontrol sebesar 58.58 dan 60.67. Analisis data kedua kelas menggunakan uji t (t-test) diperoleh hasil signifikasi (sig) sebesar 0,000 < 0,05 maka dinyatakan Ha diterima. (2) Respon siswa positif terhadap penggunaan model pembelajaran TGT dengan bantuan media ular tangga. Hal tersebut terlihat hasil rata-rata skor angket respon siswa sebesar 92% sehingga dalam kategori sangat baik.
2132314/SB/2020 | KKI 372 NOV p/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain