Electronic Resource
Pengaruh membatik Dengan Teknik Mewarnai Terhadap Kemampuan Kreativitas Anak Kelompok B Di RA Mutiara Iman Pakisaji Malang
Kreativitas merupakan kemampuan seseorang untuk melahirkan sesuatu yang baru, baik berupa gagasan maupun karya nyata yang relatif berbeda dengan apa yang telah ada. Hasil observasi awal pada anak kelompok B di RA Mutiara Iman Pakisaji Malang pada proses kegiatan pembelajaran guru lebih terfokus pada kegiatan pembelajaran yang berpusat pada perkembangan kognitif, bahasa, dan keagamaan. Sedangkan perkembangan kreativitas hanya dilakukan sebagai suatu kegiatan pembelajaran yang membuat anak tidak terbebani pada saat pembelajaran berlangsung. Hal tersebut membuat peneliti berinisiatif untuk mengajarkan dan memperkenalkan anak pembelajaran baru yang berkaitan dengan kreativitas yaitu membatik dengan teknik mewarnai.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh membatik dengan teknik mewarnai terhadap kemampuan kreativitas anak kelompok B di RA Mutiara Iman Pakisaji Malang.
Jenis penelitian ini adalah penelitian pre-eksperimen design dengan menggunakan one group pre-test, post-test. Populasi dan sampel dalam penelitian ini berjumlah 14 anak terdiri dari 7 anak laki-laki dan 7 anak perempuan. Teknik pengambilan sampel menggunakan sampling jenuh. Sedangkan teknik pengumpulan data yang digunakan berupa observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji t yang diolah menggunakan SPSS 22.0 windows.
Hasil analisis data dengan menggunakan uji t menunjukkan bahwa nilai probolitas atau signifikasi lebih kecil dari 0,05 yaitu 0,000, yang artinya terdapat pengaruh membatik dengan teknik mewarnai terhadap kemampuan kreativitas anak kelompok B di RA Mutiara Iman Pakisaji Malang.
Kesimpulan dari penelitian ini bahwa melalui pembelajaran membatik dengan teknik mewarnai dapat mengembangkan kemampuan kreativitas anak kelompok B di RA Mutiara Iman Pakisaji Malang. Diharapkan agar para pendidik lebih kreatif agar pembelajaran pada anak didik menjadi lebih menarik sehingga anak didik dapat fokus pada pembelajaran yang diberikan pendidik secara maksimal
2132302/SB/2020 | KKI 372 LAD p/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain