Electronic Resource
Pengaruh Model Pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) Berbantuan Media Crossword Puzzle Dan Motivasi Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas V Pada Mata Pelajaran IPA
Model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) merupakan salah satu model pembelajaran kooperatif yang dapat membuat siswa aktif di dalam
setiap proses pembelajaran. Kegiatan pembelajaran model TGT dapat berhasil jika mengikuti 5 tahap, yaitu: 1) Penyajian kelas, 2) Belajar dalam kelompok, 3)
Games, 4) Tournament, 5) Penghargaan kelompok. Media Crossword puzzle sangat penting dalam proses pembelajaran untuk menunjang keberhasilan
peserta didik mencapai tujuan pembelajaran. tujuan penelitian ini adalah 1) untuk mengetahui perbedaan motivasi belajar dalam penerapan model TGT
berbantuan media crossword puzzle, 2) untuk mengetahui adanya perbedaan prestasi belajar dalam penerapan model TGT berbantuan media crossword
puzzle, 3) untuk mengetahui interaksi antara model pembelajaran TGT berbantuan media crossword puzzle dan motivasi siswa terhadap prestasi belajar.
Desain Penelitian ini menggunakan Quasi Experimental Design dengan menggunakan Non Equivalent Control Group Design. Dalam desain penelitian
ini dilakukan pada dua kelompok yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Subjek penelitian ini adalah kelas V yang terdiri dari kelas V A dan
kelas V B SDN Kraksaan Wetan II Probolinggo tahun pelajaran 2018/2019 yang berjumlah 50 siswa. Sampel dalam penelitian ini menggunakan total sampling
karena seluruh anggota populasi dijadikan sampel.
Berdasarkan dari hasil uji analisis data, hipotesis penelitian ini telah terjawab yakni bahwa : penggunaan model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) dengan Media Crossword puzzle dari motivasi meningkatkan prestasi belajar siswa kelas SDN Kraksaan Wetan II Probolinggo. Hal ini ditunjukkan dengan pengujian hipotesis pertama yaitu Fhitung (9,586) > Ftabel (3,42) maka Ho ditolak dan Ha diterima, berarti adanya pengaruh sesudah diberikan perlakuan terhadap prestasi belajar siswa pada pembelajaran IPA.
| 2132299/SB/2020 | KKI 372 KUR p/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain