Electronic Resource
Implementasi Nilai Disiplin Melalui Kegiatan Keagamaan Islam Di Sekolah Dasar Negeri Kebonsari 03 Malang
Penelitian ini dilatar belakangi oleh pembiasaan yang diterapkan sehari-hari kepada siswa dalam membentuk karakter disiplin yang mana dilihat melalui beberapa kegiatan kegamaan Islam dan juga terdapat faktor-faktor yang mendukung akan keberhasilan pembentukan karakter disiplin tersebut di Sekolah Dasar Kebonsari 3 Malang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi nilai disiplin melalui kegiatan keagamaan Islam di Sekolah Dasar Kebonsari 3 Malang. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, dengan jenis penelitian studi kasus, pengumpulan data yang meliputi observasi, wawancara, dan juga dokumentasi, teknik analisis data yang digunakan terdapat tiga alur yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan/verifikasi, pengecekan keabsahan temuan menggunakan triangulasi sumber dan metode. Berdasarkan dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa implementasi nilai disiplin melalui kegiatan religius yang meliputi kegiatan sholat dhuha, sholat dhuhur berjamaah, mengaji, mengisi Lembar Kegiatan keagamaan siswa, menghafal surat-surat pendek, dan juga berdo’a, sedangkan faktor pendukung kegiatan tersebut meliputi tersedianya sarana maupun prasarana, kerjasama yang dibangun oleh pihak sekolah dengan orang tua, dan juga suasana yang menyenangkan sehingga siswa tidak merasa terbebani saat melaksanakan segala kegiatan tersebut, justru semakin hari menjadi semakin meningkat dalam pelaksanaannya.
2132263/SB/2020 | KKI 372 MAI i/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain