Digital Library

Universitas PGRI Kanjuruhan Malang

  • Beranda
  • Penghitung Jumlah Pengunjung
  • Informasi
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of Upaya Peningkatan Hasil Belajar Barisan Aritmatika Menggunakan Model Pembelajaran  Kooperatif Tipe Group Investigation (GI)

Electronic Resource

Upaya Peningkatan Hasil Belajar Barisan Aritmatika Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation (GI)

Inggrid Rambu Mbangi Hurambaya - Nama Orang; Drs.Djoko Adi Susilo, M.Pd - Nama Orang; Dr. Sri Hariyani, M.Pd - Nama Orang;

Hasil wawancara dengan guru matematika di SMA Negeri 1 Singosari, siswa kelas XI IPS C 17 masih kesulitan memahami materi yang dijelaskan oleh guru. Banyak siswa yang mengobrol sendiri saat pelajaran berlangsung, masih kurang berperan aktif dalam belajar mengajar dan bertanya saat mengalami kesulitan. Siswa menjadi malas bertanya dan hasil belajar siswa rendah.
Model pembelajaran Group Investigation adalah model pembelajaran yang membentuk kelompok kecil yang heterogen dengan latar belakang cara berpikir yang berbeda untuk saling membantu antar anggota kelompok.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Prosedur yang digunakan adalah terdiri dari 2 siklus dimana setiap siklus dilakukan dalam 2 kali pertemuan dan mempunyai 4 tahapan yaitu: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Prosedur pengumpulan data pada penelitian ini, sebagai berikut: (1) Pengamatan (observasi), (2) Tes, (3) Wawancara, (4) Catatan lapangan, dan (5) Dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I dan siklus II nilai ratarata berturut-turut adalah 75,70 dan 86,61. Sementara kriteria ketuntasan belajar bertutu-turut adalah 64.51% dan 83,87%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran Gruop Investigation dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI IPS C SMA N 1 Singosari. Selanjutnya, disarankan bagi guru matematika, dapat juga menggunakan model pembelajaran group investigation sebagai salah satu alternatif dalam melakukan pembelajaran. Bagi peneliti lain, penelitian tentang model pembelajaran Group Investigation ini dapat dijadikan sebagai bahan rujukan dalam penelitian dan lebih mempertajam lagi dan memperbaiki pada bagian inti pelaksanaan model GI.


Ketersediaan
2132261/SB/2020KKI 510 HUR u/sPerpustakaan UnikamaTersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
KKI 510 HUR u/s
Penerbit
Malang : Pendidikan Matematika - Unikama., 2019
Deskripsi Fisik
xiv, 70Hlm 26cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
510
Tipe Isi
text
Tipe Media
PDF
Tipe Pembawa
-
Edisi
1
Subjek
Hasil belajar
Skripsi
Model Pembelajaran Group Investigation
Pendidikan Matematika
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • Harap masuk untuk melihat lampiran
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Digital Library
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

Perpustakaan Universitas PGRI Kanjuruhan Malang, menyajikan bahan-bahan referensi yang bisa dijadikan referensi untuk civitas akadmika dan umum. silahkan manfaatkan koleksi bahan pustaka yang ada untuk menunjang Pendidikan, Penelitian, dan untuk menambah wawasan kita

Satistik Data Pengunjung Web

Hari Ini : 1 Minggu Terakhir : 1 Bulan Terakhir : Seluruh :

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik