Electronic Resource
Keefektifan Teknik Self Management Dalam Meningkatkan Motivasi Siswa MA NU Pakis Kabupaten Malang
Motivasi belajara adalah dorongan yang ada dalam diri seseorang dengan berusaha mengadakan perubahan tingkah laku untuk mencapai suatu tujuan tertentu dalam belajar, memiliki hasrat dan keinginan berhasil, adanya dorongan dan kebutuhan dalam belajar, adanya harapan dan cita-cita masa depan, adanya penghargaan dalam belajar, adanya kegiatan yang menarik dalam belajar, adanya lingkungan belajar yang kondusif. Salah satu Teknik untuk membantu siswa yang memiliki motivasi belajar rendah adalah dengan memberikn Teknik self management.Proses pemberian bantuan pada siswa dengan menggunakan layanan bimbingan kelompok dengan teknik self management. Teknik self management adalah pengelolaan diri dengan suatu strategi yang mendorong individu untuk mampu mengarahkan perilakuperilakunya sendiri dengan tanggung jawab atas tindakannya untuk mencapai kemajuan diri. Tahap dalam penerapan teknik self management yang digunakan dalam penelitian ini adalah tahap monitor diri atau observasi diri, tahap evaluasi diri, dan tahap pemberanian penguatan, penghapusan atau hukuman.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan teknik self management dalam meningkatkan motivasi belajar siswa MA NU pakis Kabupaten Malang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimen, dan mengunakan rancangan one group pre-test post-test design. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XII di MA NU pakis Kabupaten Malang yang berjumlah 5 siswa. Teknik penarikan sampel dengan menggunakan teknik nonprobability sampling dan pengambilan sampel secara purposive sampling. Instrument penelitian menggunakan skala motivasi belajar yang dianalisis dengan analisis uji Wilcoxon.
Hasil penelitian menunjukkan tingkat motivasi belajar siswa meningkat, rata-rata sebelum diberikan teknik self management adalah 132 kategori rendah, sedangkan setelah memperoleh teknik self management rata-rata motivasi belajar siswa adalah 172,6 kategori tinggi. Hasil uji Wilcoxon menunjukkan angka sig.(2-tailed) 0,043< 0,05 artinya Ho ditolak, maka teknik self management efektif meningkatkan motivasi belajar siswa. Ada perbedaan tingkat motivasi belajar pada subjek penelitian sebelum dan sesudah diberikan teknik self management. Maka dapat disimpulkan bahwa teknik self management efektif untuk meningkatkan motivasi belajar siswa kelas XII di MA NU Pakis Kabupaten Malang.
2132253/SB/2020 | KKI 371.4 PAR p/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain