Electronic Resource
Problematika Guru Kelas Dalam Menangani Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) Di Sekolah Inklusi Kelas IV SDN Sumbersari 2 Kota Malang
Anak berkebutuhan khusus merupakan anak yang memerlukan pendidikan yang disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing individu serta berhak mendapatkan pendidikan yang layak sesuai dengan anak normal lainna tanpa diskriminasi sesuai dengan UU No.20 Th.2003. Namun pada kenyataannya masih banyak ditemukan problematika guru dalam pembelajaran disekolah inklusi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Problematika Guru Kelas dalam menangani Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) di Sekolah InklusiKelas IV SDN Sumbersari 2 Kota Malang. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan jenis penelitian yang digunakan adalah studi kasus, subjek penelitian meliputi guru kelas IV, guru pendamping khusus, siswa kelas IV sejumlah 20 siswa terdiri dari siswa reguler dan satu siswa berkebutuhan khususdengan didampingi shadow. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi.Keabsahan data dilakukan melalui triangulasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Problematika guru dalam pelaksanaan pembelajaran ABK di sekolah inklusi yakni : (a) permasalahan pelaksanaan pembelajaran yang belum efektif karena kelas yang dijadikan satu dengan siswa reguler, (b) belum adanya kurikulum untuk anak berkebutuhan khusus, (c) belum adanya sarana dan prasarana untuk anak berkebutuhan khusus menunjang pembelajan. 2) Upaya guru dalam mengatasi problematika adalah guru selalu memulai pelajaran saat semua siswa tenang, memberi pendekatan, motivasi, dan pendampingan kepada siswaberkebutuhan khusus.
2132252/SB/2020 | KKI 372 YUW p/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain