Digital Library

Universitas PGRI Kanjuruhan Malang

  • Beranda
  • Penghitung Jumlah Pengunjung
  • Informasi
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of Problematika Guru Kelas Dalam Menangani Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) Di Sekolah Inklusi Kelas IV SDN Sumbersari 2 Kota Malang

Electronic Resource

Problematika Guru Kelas Dalam Menangani Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) Di Sekolah Inklusi Kelas IV SDN Sumbersari 2 Kota Malang

Agnes Yuwastikasari - Nama Orang; dra. Andriani Rosita, M.Pd. - Nama Orang; Arnelia Dwi Yasa, M.Pd. - Nama Orang;

Anak berkebutuhan khusus merupakan anak yang memerlukan pendidikan yang disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing individu serta berhak mendapatkan pendidikan yang layak sesuai dengan anak normal lainna tanpa diskriminasi sesuai dengan UU No.20 Th.2003. Namun pada kenyataannya masih banyak ditemukan problematika guru dalam pembelajaran disekolah inklusi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Problematika Guru Kelas dalam menangani Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) di Sekolah InklusiKelas IV SDN Sumbersari 2 Kota Malang. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan jenis penelitian yang digunakan adalah studi kasus, subjek penelitian meliputi guru kelas IV, guru pendamping khusus, siswa kelas IV sejumlah 20 siswa terdiri dari siswa reguler dan satu siswa berkebutuhan khususdengan didampingi shadow. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi.Keabsahan data dilakukan melalui triangulasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Problematika guru dalam pelaksanaan pembelajaran ABK di sekolah inklusi yakni : (a) permasalahan pelaksanaan pembelajaran yang belum efektif karena kelas yang dijadikan satu dengan siswa reguler, (b) belum adanya kurikulum untuk anak berkebutuhan khusus, (c) belum adanya sarana dan prasarana untuk anak berkebutuhan khusus menunjang pembelajan. 2) Upaya guru dalam mengatasi problematika adalah guru selalu memulai pelajaran saat semua siswa tenang, memberi pendekatan, motivasi, dan pendampingan kepada siswaberkebutuhan khusus.


Ketersediaan
2132252/SB/2020KKI 372 YUW p/sPerpustakaan UnikamaTersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
KKI 372 AGN p/s
Penerbit
Malang : PGSD - Unikama., 2019
Deskripsi Fisik
xv, 137Hlm 26cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
372
Tipe Isi
text
Tipe Media
PDF
Tipe Pembawa
-
Edisi
1
Subjek
Skripsi
Problematika Guru Kelas
Anak Berkebutuhan Khusus (ABK)
Pendidikan Inklusif
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • Harap masuk untuk melihat lampiran
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Digital Library
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

Perpustakaan Universitas PGRI Kanjuruhan Malang, menyajikan bahan-bahan referensi yang bisa dijadikan referensi untuk civitas akadmika dan umum. silahkan manfaatkan koleksi bahan pustaka yang ada untuk menunjang Pendidikan, Penelitian, dan untuk menambah wawasan kita

Satistik Data Pengunjung Web

Hari Ini : 1 Minggu Terakhir : 1 Bulan Terakhir : Seluruh :

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik