Electronic Resource
Implementasi Model Pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL) Dalam Meningkatkan Nilai Karakter Bangsa Pada Siswa Kelas X A Di MA Al Islam Bantur
Dalam proses pembelajaran dilakukan banyak siswa yang kurang dapat mengikuti proses pelajaran yang diberikan oleh guru karena kurang aktif dalam menerima model pembelajaran CTL dan nilai karakter bangsa. Disini peran guru sangat diperlukan untuk memberikan motivasi dalam pembelajaran yang menggunakan model CTL dan nilai karakter bangsa karena sumber yang utama dalam proses pembelajaran ini yaitu sosok guru yang dijadkan panutan oleh peserta didik. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana Implementasi Model Pembejaran (CTL) Dalam Meningkatkan Nilai Karakter Bangsa. Jenis penelitian yang digunakan adalah studi kasus dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Penelitian ini dilakukan di MA AL-ISLAM Bantur. Sampel penelitian 5 peserta didik dengan jumlah siswa laki-laki 3 siswa perempuan 2 dan guru mata peajaran PPkn 3 guru . Metode penelitian wawancara, observasi, dan dokumentasi. Berdasrkan hasil dalam penelitian model pembelajaran CTL dan nilai karakter bangsa guru selalu memberikan motivasi dalam proses pembelajaran agar siswa semangat dalam mengkuti proses pembelajaran PPKn menjadikan sikap antusias siswa dalam proses pembelajaran dan materi yang diberikan dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari dan sesuai dengan norma yang berlaku. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa guru PPKn memiliki peran yang sangat penting dalam proses pembelajaran.
2132251/SB/2020 | KKI 371.114 ZUL i/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain