Digital Library

Universitas PGRI Kanjuruhan Malang

  • Beranda
  • Penghitung Jumlah Pengunjung
  • Informasi
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of Pengembangan Media Permainan Jumanji Untuk Pembelajaran Tematik Kelas V SDN Sukolilo 01 Kecamatan Wajak

Electronic Resource

Pengembangan Media Permainan Jumanji Untuk Pembelajaran Tematik Kelas V SDN Sukolilo 01 Kecamatan Wajak

Arnelia Dwi Yasa, M.Pd. - Nama Orang; Farida Nur Kumala, S.Si., M.Pd. - Nama Orang; Kurniawan Surya Prayoga - Nama Orang;

Penggunaan metode ceramah membuat siswa merasa bosan saat pembelajaran. Guru di kelas belum menggunakan media dalam pembelajaran khususnya pada pembelajaran tematik. Dengan tidak menggunakan media dalam pembelajaran di kelas, dapat membuat siswa tidak tertarik dalam proses pembelajaran di kelas. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media permainan jumanji, dan mengukur kelayakan, kepraktisan, serta keefektifan media yang dikembangkan. Penelitian yang mengembangkan media permainan jumanji ini bertujuan untuk mengetahui hasil pengembangan dari media permainan jumanji dan dapat menumbuhkan semangat siswa dalam belajar pelajaran tematik.
Metode penelitian yang digunakan peneliti termasuk pada penelitian pengembangan, dan menggunakan model ADDIE dengan lima tahapan yaitu: Analysis (analisis), Design (Desain), Development (Pengembangan), Implementation (Implementasi), Evaluation (evaluasi). Subjek uji coba adalah 16 siswa kelas V SDN Sukolilo 01 Kecamatan Wajak. Kelayakan media permainan jumanji diperoleh dari hasil validasi ahli media, ahli materi, dan ahli bahasa. Instrimen kepraktisan diperoleh dari angket yang diberikan kepada guru dan siswa. Keefektifan diperoleh dari hasil observasi kepada siswa saat pembelajaran menggunakan media permainan jumanji. Teknik analisis data menggunakan deskriptif kualitatif dan kuantitatif.
Hasil penelitian ini berupa pengembangan media permainan jumanji menggunakan model ADDIE. Penilaian kelayakan oleh ahli media dengan presentase 90% dengan kategori sangat valid, oleh ahli materi mendapatkan presentase 98% dengan kategori sangat valid, dan oleh ahli bahasa memperoleh presentase 88,5% dengan kategori valid. jadi media permainan jumanji dikatakan sangat layak untuk digunakan dilapangan. Penilaian kepraktisan oleh praktisi mendapatkan presentase 92% dengan kategori praktis, jadi media permainan jumanji dikatakan praktis untuk digunakan dilapangan. Hasil observasi keefektifan media permainan jumanji mendapat presentase 92%, jadi media permainan jumanji dikatakan efektif digunakan dilapangan. Sehingga media permainan jumanji dapat dijadikan referensi guru sebagai media pembelajaran dalam proses pembelajaran di dalam kelas.


Ketersediaan
2132247/SB/2020KKI 372 PRA p/sPerpustakaan UnikamaTersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
KKI 372 PRA p/s
Penerbit
Malang : PGSD - Unikama., 2019
Deskripsi Fisik
xii, 84Hlm 26cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
372
Tipe Isi
text
Tipe Media
PDF
Tipe Pembawa
-
Edisi
1
Subjek
Media Pembelajaran
Pembelajaran Tematik
Skripsi
Permainan Jumanji
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • Harap masuk untuk melihat lampiran
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Digital Library
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

Perpustakaan Universitas PGRI Kanjuruhan Malang, menyajikan bahan-bahan referensi yang bisa dijadikan referensi untuk civitas akadmika dan umum. silahkan manfaatkan koleksi bahan pustaka yang ada untuk menunjang Pendidikan, Penelitian, dan untuk menambah wawasan kita

Satistik Data Pengunjung Web

Hari Ini : 1 Minggu Terakhir : 1 Bulan Terakhir : Seluruh :

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik