Electronic Resource
Pengembangan Media Permainan Jumanji Untuk Pembelajaran Tematik Kelas V SDN Sukolilo 01 Kecamatan Wajak
Penggunaan metode ceramah membuat siswa merasa bosan saat pembelajaran. Guru di kelas belum menggunakan media dalam pembelajaran khususnya pada pembelajaran tematik. Dengan tidak menggunakan media dalam pembelajaran di kelas, dapat membuat siswa tidak tertarik dalam proses pembelajaran di kelas. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media permainan jumanji, dan mengukur kelayakan, kepraktisan, serta keefektifan media yang dikembangkan. Penelitian yang mengembangkan media permainan jumanji ini bertujuan untuk mengetahui hasil pengembangan dari media permainan jumanji dan dapat menumbuhkan semangat siswa dalam belajar pelajaran tematik.
Metode penelitian yang digunakan peneliti termasuk pada penelitian pengembangan, dan menggunakan model ADDIE dengan lima tahapan yaitu: Analysis (analisis), Design (Desain), Development (Pengembangan), Implementation (Implementasi), Evaluation (evaluasi). Subjek uji coba adalah 16 siswa kelas V SDN Sukolilo 01 Kecamatan Wajak. Kelayakan media permainan jumanji diperoleh dari hasil validasi ahli media, ahli materi, dan ahli bahasa. Instrimen kepraktisan diperoleh dari angket yang diberikan kepada guru dan siswa. Keefektifan diperoleh dari hasil observasi kepada siswa saat pembelajaran menggunakan media permainan jumanji. Teknik analisis data menggunakan deskriptif kualitatif dan kuantitatif.
Hasil penelitian ini berupa pengembangan media permainan jumanji menggunakan model ADDIE. Penilaian kelayakan oleh ahli media dengan presentase 90% dengan kategori sangat valid, oleh ahli materi mendapatkan presentase 98% dengan kategori sangat valid, dan oleh ahli bahasa memperoleh presentase 88,5% dengan kategori valid. jadi media permainan jumanji dikatakan sangat layak untuk digunakan dilapangan. Penilaian kepraktisan oleh praktisi mendapatkan presentase 92% dengan kategori praktis, jadi media permainan jumanji dikatakan praktis untuk digunakan dilapangan. Hasil observasi keefektifan media permainan jumanji mendapat presentase 92%, jadi media permainan jumanji dikatakan efektif digunakan dilapangan. Sehingga media permainan jumanji dapat dijadikan referensi guru sebagai media pembelajaran dalam proses pembelajaran di dalam kelas.
2132247/SB/2020 | KKI 372 PRA p/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain