Electronic Resource
Penggunaan Multimedia (Vidio ) Pemebelajaran Untuk Meningkatkan Minat Dan Hasil Belajar Ips siswa Kelas Vii-F Smp Negeri 10 malang
SMP Negeri 10 Malang merupakan salah satu sekolah negeri di kota Malang. Meskipun sekolah negeri, tetapi dalam proses pembelajarannya masih dijumpai permasalahan yakni rendahnya minat dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelasVII F. Hal ini dapat diketahui dari hasil observasi dikelas VII-F bahwa siswa yang berminat yakni 8 siswa atau 25% dan yang tidak berminat yakni 24 orang atau 75%. Sedangkan untuk hasil belajar dapa t diketahui dari hasil dokumentasi guru mata pelajaran IPS kelas VII F bahwa dari 32 siswa yang mendapatkan nilai tuntas berjumlah 11 orang siswa atau 34% dan siswa yang mendapatkan nilai tidak tuntas yakni sebanyak 21 orang siswa atau 66%. Melihat permasalahan tersebut,maka dalam penelitian ini diterapkan sebuah penggunaan multimedia (video) pembelajaran yang merupakan sebuah media pembelajaran sederhana yang dapat membantu dalam menguasai materi pelajaran guna mencapai hasil belajar yang maksimal sehingga minat dan hasil belajar siswa akan meningkat. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan minat dan hasil belajar siswa pada mata -pelajaran IPS kelas VII F SMP Negeri 10 Malang melalui Penggunaan Multimedia (video) pembelajaran.
Penelitian ini dirancang dengan menggunakan Penelitian Tindakan Kelas model Arikunto,2006 Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 10 Malang dengan jumlah siswa kelas VII F yang terdiri dari 32 siswa yaitu 19 orang laki-laki dan 13 orang perempuan. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu observasi, angket, tes dan catatan temuan lapangan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pada siklus I nilai rata-rata minat belajar siswa yakni 62,5% (dengan kategori cukup berminat). Sedangkan nilai rata-rata hasil
belajar siswa siklus I adalah 56,26% dengan kategori cukup baik. Pada siklus II nilai rata-rata minat belajar siswa mengalami peningkatan yakni 87,5% dengan kategori berminat. Sedangkan nilai rata-rata hasil belajarnya adalah 85,7%dengan kategori sangat baik. Berdasarkan hasil penelitian ini, disarankan kepada guru agar dapat menerapkan penggunaan multimedia (Video) pembelajaran pada saat mengajar dalam upaya meningkatkan minat dan hasil belajar siswa. Hasil penelitian ini juga dapat menjadi refleksi akan pentingnya melatih siswa untuk lebih memperhatikan materi.
2132245/PB/2020 | KKI 910 GAL p/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain