Electronic Resource
Pengaruh Tingkat Pendidikan Dan Status Ekonomi Orang Tua Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas IV SDN Lolawang Kecamatan Ngoro Mojokerto Tahun Pelajaran 2018/2019
Prestasi belajar di SDN Lolawang masih belum memenuhi harapan pihak sekolah. Prestasi belajat ini ditunjukkan pada 42 siswa kelas IV yang belum semuanya memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang telah ditetapkan guru. Hal ini bisa didapatkan dari faktor tingkat pendidikan ataupun status ekonomi orang. Tujuan penelitian ini dilakukan untuk mengetahui adakah : [1] Pengaruh tingkat pendidikan dan status ekonomi orang tua terhadap prestasi belajar siswa kelas IV di SDN Lolawang Kecamatan Ngoro Mojokerto. [2] Pengaruh tingkat pendidikan terhadap prestasi belajar siswa kelas IV di SDN Lolawang Kecamatan Ngoro Mojokerto. [3] Pengaruh status ekonomi orang tua terhadap prestasi belajar siswa kelas IV di SDN Lolawang Kecamatan Ngoro Mojokerto.
Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan rancangan penelitian yaitu eksplanasi atau uji hubungan yang dimaksudkan untuk mengidentifikasi hubungan anatara variabel bebas dan terikat. Sampel yang digunakan yaitu seluruh siswa kelas IV SDN Lolawang Kab. Mojokerto yang berjumlah 42 siswa. Instrumen yang digunakan untuk penelitian ini berupa angket mengenai tingkat pendidikan dan status ekonomi orang tua. Hasil penelitian melalui uji t menunjukkan bahwa tingkat pendidikan memperoleh hasil sebesar 1,589 lebih besar dari t tabel 1,684 dan nilai signifikansi menunjukkan 0,120 > 0,05 maka Ho diterima Ha ditolak sehingga tidak ada pengaruh. Sedangkan untuk status ekonomi orang tua memperoleh hasil t hitung (1,756) > t tabel 1,684 atau Sig 0,087 > 0,05. Sehingga Ho ditolak Ha diterima, maka dikatakan ada pengaruh. Untuk uji F memperoleh hasil nilai F hitung > F tabel sebesar 3,970 > 3,240 dengan nilai signifikansi 0,027 < 0,05, sehingga Ho ditolak dan Ha diterima, maka ada pengaruh.
Simpulan dari penelitian ini adalah tingkat pendidikan orang tua tidak berpengaruh terhadap prestasi belajar, status ekonomi orang tua berpengaruh terhadap prestasi belajar dan tingkat pendidikan dan status ekonomi orang tua berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa baik secara parsial maupun simultan.
2132244/SB/2020 | KKI 372 ZUH p/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain