Electronic Resource
Pengaruh Model Pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) Terhadap Keterampilan Berbicara Dan Hasil Belajar Kognitif Siswa Kelas IV Di SDN Kebonsari 2 Malang
Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh Model Pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) terhadap keterampilan berbicara dan hasil belajar kognitif siswa. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan desain penelitian Quasai Eksperiment dengan menggunakan non-eksperimen dan kelompok kontrol yang masing-masing berjumlah 30 siswa. Instrumen yang digunakan soal pre-test dan post test yang terdiri dari 20 soal pilihan ganda. Analisis data menggunakan uji T (Sample Independent Test) dengan SPSS 16.0 For Windows. Hasil penelitian dengan uji t diketahui bahwa nilai Sig. (2-tailed) yaitu 0,037 lebih kecil dari nilai α = 0,05, sehingga H0 ditolak dan Ha diterima, artinya bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) terhadap keterampilan berbicara, pengaruh model pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) terhadap hasil belajar kognitif siswa dan pengaruh model pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) terhadap keterampilan berbicara dan hasil belajar kognitif. Dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) dapat diterapkan disekolah dasar sehingga dapat bermanfaat bagi proses pembelajaran.
2132232/SB/2020 | KKI 372 MAR p/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain