Electronic Resource
Pengaruh Model Quick On The Draw Dalam Pembelajaran Tematik Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV SD Maarif Ngampir Pandaan
Hasil belajar siswa kelas IV di SD Ma’arif Ngampir saat pembelajaran tematik hasilnya masih rendah, karena pengajaran yang diajarkan oleh guru dikelas didominasi dengan menggunakan pembelajaran konvensional dan terpacu pada buku guru, dan masih mengandalkan model-model pembelajaran yang berpusat pada guru. Untuk menyelesaikan masalah tersebut, diperlukan suatu inovasi baru dalam melaksanakan proses pembelajaran, terutama pada pembelajaran tematik saat ini. Inovasi pembelajaran tersebut yaitu dengan menggunakan Model Quick On The Dra. Tujuannya untuk mengetahui pengaruh Model Quick On The Draw dalam pembelajaran tematik terhadap hasil belajar siswa.
Pendekatan yang digunakan penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD Ma’arif Ngampir - Pandaan yang berjumlah 38 siswa yang terdiri dari 2 kelas. Sampel dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD Ma’arif Ngampir - Pandaan. Metode pengumpulan data diantaranya menggunakan RPP, Observasi, dan Tes. Uji instrumen untuk tes adalah Uji Validitas, Uji Reliabilitas, Tingkat Kesukaran Soal, dan Uji Daya Beda Soal. Uji analisis data terdiri dari Uji Normalitas, Uji Homogenitas, dan Uji Hipotesis.
Hasil penelitian pada data pre test dengan menggunakan uji t diperoleh nilai sig. (2-tailed) 0,107 > 0,05, maka Ha ditolak dan Ho diterima, dengan demikian hasil penelitian menunjukkan pembelajaran belum menerapakan model Quick On The Draw, tidak ada pengaruh model Quick On The Draw dalam pembelajaran tematik terhadap hasil belajar siswa kelas IV SD Ma’arif Ngampir - Pandaan. Sedangkan pada data post test hasil uji t diperoleh nilai sig. (2-tailed) 0,000 < 0,05, maka Ha di terima dan Ho di tolak, dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh model Quick On The Draw dalam pembelajaran tematik terhadap hasil belajar siswa kelas IV SD Ma’arif Ngampir - Pandaan.
| 2132231/SB/2020 | KKI 372 MUS p/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain