Electronic Resource
Hubungan Antara Ketersediaan Fasilitas Belajar Di Rumah Dengan Motivasi Belajar Siswa Kelas VIII MTS Negeri 7 Blitar
Ketersediaan fasilitas belajar di rumah merupakan faktor penunjang tercapainya tujuan Pendidikan. Adanya fasilitas yang memadai dapat meningkatkan motivasi belajar siswa. Selain itu minat belajar yang rendah, tidak tertarik dengan mata pelajaran juga dapat memengaruhi proses pembelajaran. Meskipun demikian tidak jarang dalam kenyataannya bahwa siswa yang memiliki segala bentuk fasilitas belajar di rumah tersedia tetapi memiliki motivasi kategori sedang dan juga ada yang memiliki motivasi belajarnya tinggi. Adapula memiliki fasilitas belajar dirumah namun tidak digunakan sesuai fungsinya.
Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui ketersediaan fasilitas belajar di rumah siswa kelas VIII MTs Negeri 7 Blitar. (2) Untuk mengetahui tingkat motivasi belajar siswa kelas VIII MTs Negeri 7 Blitar. (3) Untuk mengetahui hubungan antara ketersediaan fasilitas belajar di rumah dengan motivasi belajar siswa.
Penelitain ini merupakan penelitian kuantitatif, jumlah sampel sebanyak 93 siswa yang dipilih dengan teknik penelitian korelasional product moment dari person, instrument penelitian menggunakan angket atau kuesioner, data dianalisis dengan teknik statistik menggunakan program SPSS versi 16.00.
Hasil penelitian ini adalah (1) 82,8% siswa kelas VIII MTs Negeri 7 Blitar memiliki ketersediaan fasilitas belajar di rumah dalam kategori sangat baik. (2) 63,4% siswa kelas VIII MTs Negeri 7 Blitar memiliki motivasi belajar dalam kategori sangat baik. (3) Terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara ketersediaan fasilitas belajar di rumah dengan motivasi belajar, yang ditunjukkan dengan koefisien korelasi sebesar 0,651 > 0,374 dengan tingkat hubungan kuat, dan signifikannya adalah 0,000 < 0,05.
Adapun saran untuk guru BK atau konselor untuk dapat membantu siswa dalam meningkatkan motivasi belajar. Bagi madrasah atau sekolah, dapat memberikan kebijakan serta mendorong maupun memfasilitasi kebijakan bimbingan dan konseling agar dapat terwujud proses pembelajaran yang dapat meningkatkan motivasi belajar siswa baik di sekolah maupun di rumah.
2132226/SB/2020 | KKI 371.4 LAI h/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain