Electronic Resource
Pengaruh Metode Sosiodrama Terhadap Perkembangan Moral Anak Usia 5-6 Tahun Di RA AL-Ikhlas Gadingng Kembar kabupaten Malang
Perkembangan moral anak kelompok B di RA Al-Ikhlas Gadingkembar kabupaten malang masih kurang maksimal, berdasar observasi peneliti menemukan
permasalah-permasalah pada setiap anak, permasalahan yang pertama anak belum mampu untuk bersikap sabar, anak belum mampu bersikap jujur, anak belum mampu menjaga kebersihan diri maupun lingkungan. Berdasarkan pengamatan tersebut peneliti menemukan ide, gagasan rencana atau melakukan penelitian eksperimen dengan menggunakan kegiatan metode sosiodrama di RA Al-Ikhlas gadingkembar kabupaten malang dengan masalah sebagai berikut, pertama bagaimana perkembangan moral anak sebelum menggunakan metode sosiodrama, kedua bagaimana proses pelaksanaan metode soaiodrama, ketiga apakah metode sosiodrama dapat meningkatkan perkembangan moral anak.
Tujuan peneliti ini adalah untuk mengetahui perkembangan moral anak kelompok B di RA Al-Ikhlas Gadingkembar Kabupaten Malang. Untuk mengetahui
perkembangan moral anak maka peneliti menggunkan metode sosiodrama untuk meningkatkan perkembangan moral anak kelompok B di RA-Al Ikhklas kabupaten malang.
Metode penelitian ini berupa penelitian metode pre-eksperimen dengan menggunakan pendekatan kuantitatif yang dilaksanakan oleh peneliti dan dibantu
oleh guru kelas sebagai kolabolator. Subjek penelitian ini adalah anak kelompok B berjumlah 15 anak dengan rincian 6 laki-laki dan 9 perempuan sebagai kelas eksperimen yang diberi perlakuan dengan menggunakan metode sosiodrama. Terdapat pengaruh yang signifikan dari metode sosiodrama, hal ini dibuktikan dengan jumlah rata-rata nilai pre-test dan pos-test yang diolah menggunakan uji t dengan nilai t hitung sebesar 0,55 dengan signifikan 0.000 yang artinya nilai probabilitas
2132220/SB/2020 | KKI 372 IISN p/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain