Electronic Resource
Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) Terhadap Penguasaan Konsep Dan Kerja Ilmiah Siswa pada Materi IPA SMPN 10 Malang
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis: 1) perbedaan penguasaan konsep siswa yang belajar menggunakan model Problem Basel Learning (PBL), 2) perbedaan kerja ilmiah siswa yang belajar dengan model Problem-based Learning (PBL). Desain penelitian menggunakan quasy experimen dengan menggunakan rancangan Postest Only Group Design. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMPN 10 Malang tahun ajaran 2018/2019. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik Porpusive Sampling. Sampel pada penelitian ini berjumlah 60 siswa dengan rincian 30 siswa sebagai kelas eksperimen dan 30 siswa sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes penguasaan konsep dan lembar observasi kerja ilmiah. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan uji T. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, 1) terdapat perbedaan penguasaan konsep IPA yang belajar dengan menggunakan Problem Based Learning (PBL) T_hitung> T_tabel (8,793>3,92). 2) terdapat perbedaan kerja ilmiah siswa yang belajar dengan model Problem Based Learning (PBL). (PBL) T_hitung> T_tabel (8,465>3,92).
2132210/SB/2020 | KKI 530 TRI p/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain