Digital Library

Universitas PGRI Kanjuruhan Malang

  • Beranda
  • Penghitung Jumlah Pengunjung
  • Informasi
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of Efektivitas Teknik Self Instruction Untuk Mengurangi Stres Akademik Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Kepanjen

Electronic Resource

Efektivitas Teknik Self Instruction Untuk Mengurangi Stres Akademik Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Kepanjen

Olgalina Estrin - Nama Orang; Laily Tiarani Soejanto, S.Psi, M.Pd. - Nama Orang; Erik Teguh Prakoso, M.Pd., Kons,. - Nama Orang;

Stress akademik merupakan sumber stress yang berasal dari proses belajar mengajar atau hal-hal yang berkaitan dengan belajar yang meliputi tekanan untuk naik kelas, lama belajar, banyak tugas, mendapat nilai ulangan, serta kecemasan ujian dan menejemen waktu. Adapun dampak dari Siswa yang mengalami stress akademik bisa dilihat dari tingkah lakunya seperti: membolos, menunda mengerjakan tugas, terlambat mengumpulkan tugas, grogi, kurang percaya diri, dan merasa cemas. Teknik self instruction merupakan suatu pendekatan dalam konseling yang dapat membantu siswa untuk mengontrol segala prilaku dan pemikiran-pemikiran kognitifnya yang mengarah kearah negative dimana dapat menyebabkan stress akademik. Tujuan dari penelitian ini adalah menguji tingkat efektivitas teknik self instruction untuk mengurangi stress akademik siswa kelas VIII C SMP Negeri 2 Kepanjen.
Penelitian menggunakan rancangan pre-eksperimental design, design yang digunakan one-group pretest-posttest design. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII C SMP Negeri 2 Kepanjen yang memiliki tingkat stress akademik tinggi berjumlah 6 orang. Pengumpulan data diperoleh dari hasil pretest-posttest, instrument berupa skala stress akademik, pedoman, observasi,lembar refleksi diri dan dokumentasi. Teknik analisis menggunakan analisis statistic non parametrik yaitu dengan bantuan SPSS for Windows 16.0 yaitu dengan menggunakan uji Wilcoxon. Hipotesis dari penelitian adalah teknik Self Instruction efektif untuk mengurangi stress akademik siswa kelas VIII C SMP Negeri 2 Kepanjen. Hasil uji test statistic uji Wilcoxon bahwa Zhitung -2.207 dan sig. (2-tailed) adalah 0,027. Jika signifikansi < 0,05 maka Ho (Nol Hypotesis) ditolak, Ha (Alternatif Hypotesis) diterima. Jadi dari hasil uji Wilcoxon menunjukan bahwa sig. (2 tailed) 0,027 < 0,05 artinya teknik self instruction efektif untuk mengurangi stress akademik siswa kelas VIII C yang dijadikan subjek dan dapat diterima kebenaranya dalam taraf signifikan 5 %. Dengan demikian stress akademik yang dialami siswa dapat berkurang setelah diberikan layanan konseling kelompok dengan menggunakan teknik self instruction . Penerapan Self Instruction dapat menjadi alternative bagi praktisi bimbingan dan konseling untuk melaksanakan bimbingan untuk mengurangi stress akademik. penelitian dapat menjadi rujukan bagi peneliti lain dan juga praktisi bimbingan dan konseling dalam melakukan bimbingan Self Instruction yang bertujuan untuk mengurangi stress akademik siswa.


Ketersediaan
2132209/SB/2020KKI 371.4 EST e/sPerpustakaan UnikamaTersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
KKI 371.4 EST e/s
Penerbit
Malang : Bimbingan dan Konseling - Unikama., 2019
Deskripsi Fisik
xiv, 206 Hlm 26 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
371.4
Tipe Isi
text
Tipe Media
PDF
Tipe Pembawa
-
Edisi
1
Subjek
Skripsi
Self Instruction
Stres akademik
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • Harap masuk untuk melihat lampiran
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Digital Library
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

Perpustakaan Universitas PGRI Kanjuruhan Malang, menyajikan bahan-bahan referensi yang bisa dijadikan referensi untuk civitas akadmika dan umum. silahkan manfaatkan koleksi bahan pustaka yang ada untuk menunjang Pendidikan, Penelitian, dan untuk menambah wawasan kita

Satistik Data Pengunjung Web

Hari Ini : 1 Minggu Terakhir : 1 Bulan Terakhir : Seluruh :

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik