Digital Library

Universitas PGRI Kanjuruhan Malang

  • Beranda
  • Penghitung Jumlah Pengunjung
  • Informasi
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu
Image of Penerapan Model Pembelajaran Tipe Think Pair Share (TPS) Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Di SMP Islam Fatahillah Singosari Malang

Electronic Resource

Penerapan Model Pembelajaran Tipe Think Pair Share (TPS) Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Di SMP Islam Fatahillah Singosari Malang

Irma Wahyu Putri Yoditya - Nama Orang; Vivi Suwanti, S.Si., M.Pd - Nama Orang; Dr.I Ketut Suastika, M.Si - Nama Orang;

Pembelajaran matematika di kelas VII berlangsung secara monoton dengan menggunakan metode ceramah, tanya jawab, dan diakhiri penugasan. Selain itu, siswa lebih banyak menghafal rumus daripada memahami proses menemukan rumus. Hal ini mengakibatkan hasil belajar siswa menurun. Oleh karena itu, perlu diterapkan model pembelajaran yang melibatkan siswa agar aktif menemukan sendiri pengetahuan. Salah satu model pembelajaran tersebut adalah think pair share. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan langkah-langkah model pembelajaran think pair share yang dapat meningkatkan prestasi belajar pada materi persamaan linear satu variabel.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas (PTK). Sumber data dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Islam Fatahillah Singosari Malang pada Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2018/2019 yang berjumlah 26 siswa. Prosedur pengumpulan data yang digunakan meliputi tes dan observasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa persentase ketuntasan belajar matematika meningkat dari 19,23% siswa yang tuntas pada siklus I menjadi 88,46% siswa yang tuntas pada siklus II. Dengan demikian, hasil belajar siswa pada siklus II mengalami peningkatan sebesar 69,23%. Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa model think pair share dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIIA SMP Islam Fatahillah Singosari Malang


Ketersediaan
2132207/SB/2020KKI 510 YOD p/sPerpustakaan UnikamaTersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
KKI 510 YOD p/s
Penerbit
Malang : Pendidikan Matematika - Unikama., 2019
Deskripsi Fisik
xv, 154Hlm 26cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
510
Tipe Isi
text
Tipe Media
PDF
Tipe Pembawa
-
Edisi
1
Subjek
Prestasi Belajar
Skripsi
Model Pembelajaran Think Pair Share
persamaan linear satu variabel
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • Harap masuk untuk melihat lampiran
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Digital Library
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

Perpustakaan Universitas PGRI Kanjuruhan Malang, menyajikan bahan-bahan referensi yang bisa dijadikan referensi untuk civitas akadmika dan umum. silahkan manfaatkan koleksi bahan pustaka yang ada untuk menunjang Pendidikan, Penelitian, dan untuk menambah wawasan kita

Satistik Data Pengunjung Web

Hari Ini : 1 Minggu Terakhir : 1 Bulan Terakhir : Seluruh :

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik