Electronic Resource
Penerapan Model Pembelajaran Tipe Think Pair Share (TPS) Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Di SMP Islam Fatahillah Singosari Malang
Pembelajaran matematika di kelas VII berlangsung secara monoton dengan menggunakan metode ceramah, tanya jawab, dan diakhiri penugasan. Selain itu, siswa lebih banyak menghafal rumus daripada memahami proses menemukan rumus. Hal ini mengakibatkan hasil belajar siswa menurun. Oleh karena itu, perlu diterapkan model pembelajaran yang melibatkan siswa agar aktif menemukan sendiri pengetahuan. Salah satu model pembelajaran tersebut adalah think pair share. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan langkah-langkah model pembelajaran think pair share yang dapat meningkatkan prestasi belajar pada materi persamaan linear satu variabel.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas (PTK). Sumber data dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Islam Fatahillah Singosari Malang pada Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2018/2019 yang berjumlah 26 siswa. Prosedur pengumpulan data yang digunakan meliputi tes dan observasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa persentase ketuntasan belajar matematika meningkat dari 19,23% siswa yang tuntas pada siklus I menjadi 88,46% siswa yang tuntas pada siklus II. Dengan demikian, hasil belajar siswa pada siklus II mengalami peningkatan sebesar 69,23%. Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa model think pair share dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIIA SMP Islam Fatahillah Singosari Malang
2132207/SB/2020 | KKI 510 YOD p/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain