Electronic Resource
Analisis Pengembangan Pariwisata Religi Semana Santa Di Kecamatan Larantuka Kabupaten Flores Timur
Pariwisata Religi Semana Santa adalah sebuah rangkaian prosesi yang panjang dimulai dari rabu abu dan mencapai pada puncak pada hari minggu yang biasa disebut dengan minggu Haleluya. Ritual prosesi semana santa ini merupakan warisan para leluhur yang pada jaman dahulu berada dibawah pengaruh bangsa Portugis yang menyebarkan agama Katholik. Prosesi Semana Santa yang terjadi setahun sekali ini selalu menarik banyak pengunjung atau para peziarah. Kota Larantuka sendiri memiliki berbagai potensi keindahan alam dan budaya yang diharapkan sebagai daya tarik pendukung dan ajang promosi dalam menunjang kegiatan pariwisata religi itu sendiri. Namun, Pengembangan pariwisata religi yang belum maksimal menjadi persoalan yang perlu diatasi. Penelitian ini dilaksanakan untuk mengetahui faktor-faktor internal dan eksternal serta strategi dalam usaha pengembangan objek wisata religi semana santa.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode analisis SWOT. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Data tersebut kemudian dianalisis dengan menggunakan analisis deskritif kualitatif dan analisis SWOT.
Berdasarkan hasil penelitian berbagai faktor baik internal maupun eksternal berpengaruh dalam pengembangan pariwisata religi semana santa. Faktor internal yaitu: daya dukung sosial, daya dukung budaya, daya dukung fisik, daya dukung ekonomi, daya dukung politik, dan daya dukung sumber daya lokal. Sedangkan pada faktor eksternal yaitu: jumlah dan karakter wisatawan, jenis aktifitas wisatawan, dan faktor lainya seperti sistem transportasi, penginapan, dan fasilitas perbankan. Sedangkan strategi yang di gunakan adalah startegi S-O, strategi W-O, strategi S-T dan strategi W-T. Prioritas dalam strategi pengembangan objek wisata semana santa ini adalah melakukan perencanaan wilayah dan pembangunan hotel bertingkat serta dibukanya home stay. Selain itu juga perlu dilakukan promosi mengenai pariwisata religi semana santa ini sehingga lebih dikenal lagi dan juga lebih meningkatkan kreatifitas karya masyarakat setempat. Dan disediakannya tempat parkir disekitar objek wisata. Hal tersebut yang diharapkan menjadi prioritas utama yang harus harus diselesaikan.
| 2132195/SB/2020 | KKI 910 OLA a/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain