Electronic Resource
Penerapan Model Pembelajaran Quantum Teaching Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Tentang Volume Prisma Kelas VIII C Di SMPN 2 Wagir Tahun Pelajaran 2018-2019
Penanaman konsep pada siswa khususnya siswa SMP selalu mengalami hambatan yaitu (1) Berdasarkan hasil nilai ulangan harian 16 dari 29 siswa masih ada yang belum mencapai KKM(ketuntasan belajar) yang di tetapkan oleh sekolah yaitu 75, (2) interaksi guru dan siswa masih kurang, (3) siswa masih banyak yang bermain sendiri pada saat proses belajar mengajar, dan (4) siswa masih malu untuk bertanya..Dalam pembelajaran matematika di SMP selama ini tidak memperhatikan hambatan belajar yang siswa alami,pada umumnya guru hanya menyampaikan materi mengacu pada bahan ajar berupa buku paket.Upaya membantu siswa meminimalkan hambatan proses belajar peran keluarga serta peran guru mengaplikasian model pembelajaran yang digunakan sangat menentukan dalam proses pemebelajaran formal dalam duniapendidikanDari sekian banyak model pembelajaran, siswa dapat diterapakan model pembelajaran Quantum Teaching.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa terhadap materi volume prisma kelas VIII C SMP Negeri 2 wagir. Penelitian ini menggunakan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dalam siklus dengan tahap-tahap penelitian yaitu tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, tahap pengamatan. Sumber data pada penelitian ini adalah 29 siswa kelas VIII C SMP Negeri 2 Wagir. Data yang dianalisis meliputi data hasil tes, hasil observasi guru dan siswa serta wawancarai.
Berdasarkan pada hasil penelitian diperoleh bahwa ketuntasan siswa pada kegiatan Siklus I 66,88% dan Siklus II 91,31% dan hasil observasi guru siklus I, observer I 70,58%, observer II 72,06% dan siklus II observer I 83,83% observer II 73,52% dan untuk hasil observasi siswa siklus I, observer I 75%, observer II
86,77% dan siklus II observer I 94,11% observer II 97,05%, hasil wawacara siklus I dan II menunjukan bahwa siswa dapat memahami pembelajaran volume prisma menggunakan model pembelajaran quantum teaching. Dari data hasil belajar dan hasil observasi guru dan siswa,wawancarai tersebut menunjukan bahwa setiap kegiatan mengalami peningkatan.
Berdasarkan pada hasil penelitian diketahui bahwa model pembelajaran Quantum Teaching berhasil diterapkan, sehingga dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Oleh karena itu, peneliti menyarankan agar model pembelajaran Quantum Teching dapat dijadikan model pembelajaran dapat dijadikan sebagai bahan referensi bagi para peneliti selanjutnya.
2132193/SB/2020 | KKI 510 HAR p/t | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain