Electronic Resource
Analisis Kesalahan Peserta Didik Dalam Meyelesaikan Soal Cerita Sisitem PErsamaan LInier TIga Variabel ( SPLTV) Berdasarkan Tahap Polya
Berdasarkan hasil observasi, masih banyak kesalahan yang dilakukan oleh peserta didik dalam mengerjakan soal cerita Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel (SPLTV). Dengan demikian, untuk mengatasi kesalahan yang dilakukan peserta didik dalam menyelesaikan soal cerita khususnya materi SPLTV perlu dilakukan analisis terhadap kesalahan yang dilakukan peserta didik sehingga kesalahan yang mereka lakukan dapat diminimalisir. Untuk menganalisis kesalahan peserta didik dalam menyelesaikan soal cerita SPLTV dapat menggunakan tahapan pemecahan masalah yang disusun oleh Polya. Ada empat langkah tahapan pemecahan masalah Polya, yaitu: a) memahami masalah (understand the problem), b) merancang perencanaan penyelesaian (devise a plan), c) menerapkan rencana pemecahan masalah (carry out the plan), dan d) memeriksa kembali solusi yang diperoleh (look back).
Pendekatan penelitian yaitu pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Subjek penelitian dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas X IPA 4 MAN 1 Malang yang berjumlah 29 peserta didik. Prosedur pengumpulan data dalam penelitian ini diantaranya tes tertulis dan wawancara. Subjek wawancara sebanyak 8 peserta didik yang diambil berdasarkan tipe kesalahan yang sama berdasarkan tahapan Polya.
Berdasarkan hasil penelitian, didapatkan yaitu Persentase kesalahan tahap memahami masalah (undestanding the problem) sebesar 47%, kesalahan tahap merencanakan rencana penyelesaian (devising a plan) sebesar 29%, kesalahan tahap melakukan rencana penyelesaian (carrying out the plan) sebesar 47%, kesalahan tahap memeriksa kembali jawaban (looking back) sebesar 82%. Dapat disimpulkan faktor terjadinya kesalahan meliputi tidak menuliskan apa yang diketahui dan apa yang ditanyakan, tidak menuliskan permisalan, tidak menuliskan model matematika dengan benar, tidak menentukan metode yang akan digunakan, salah menuliskan operasi dalam perhitungan, dan tidak menuliskan kesimpulan diakhir penyelesaian. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilaksanakan dan berdasarkan temuan dari hasil penelitian, kesalahan terbanyak yang dilakukan peserta didik yaitu pada tahap memeriksa kembali solusi yang diperoleh. Oleh karena itu guru diharapkan untuk memberikan penjelasan kepada peserta didik bahwa memeriksa jawaban yang telah diperoleh akan sangat penting sebab hal itu memastikan apakah jawaban yang telah ditemukan sudah benar atau masih ada yang salah.
2132173/SB/2020 | KKI 510 RAP a/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain