Electronic Resource
Pengaruh Metode Demonstrasi Berbantuan Alat Peraga Batang Napier Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas III SDN Bakalan Krajan 02 Kota Malang
Metode demonstrasi berbantuan alat peraga Batang Napier sangat efektif dalam pembelajaran untuk materi perkalian bilangan cacah karena mempermudah siswa dalam menghitung perkalian yang diubah kedalam bentuk penjumlahan secara diagonal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode demonstrasi berbatuan alat peraga Batang Napier terhadap hasil belajar siswa kelas III SDN Bakalan Krajan 02 Kota Malang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain penelitian Nonequivalen Control Group Design. Analisis penelitian menggunakan Uji hipotesis Independent Sampel T-Test dengan taraf signifikansi 5%. Berdasarkan hasil Uji T-test menunjukkan nilai sig.2 (tailed) sebesar 0,001. Hasil tersebut lebih kecil dari 0,05, sehingga ha diterima dan H0 ditolak. Dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh hasil belajar siswa dengan menggunakan metode demonstrasi berbantuan alat peraga Batang Napier. Dengan adanya penelitian ini diharapkan guru dapat menggunakan metode demonstrasi berbantuan alat peraga Batang Napier pada pembelajaran matematika.
2132171/SB/2020 | KKI 372 SHO p/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain